Jawa Timur Menjadi Populasi Sapi Perah Nomor Satu di Indonesia

Populasi sapi perah di Jawa Timur jumlahnya kini mencapai 275.675 ekor.

Jawa Timur Menjadi Populasi Sapi Perah Nomor Satu di Indonesia
Kompas.com
Sapi Australia. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Anggie Lianda

WARTA KOTA, PASURUAN - Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur, Drh Wemi Niamawardi mengatakan populasi sapi perah di Jawa Timur jumlahnya kini mencapai 275.675 ekor.

"Jumlah tersebut menjadikan Jawa Timur nomor satu yang berkontribusi terhadap nasional di seluruh Indonesia," ujarnya di KUTT Suka Makmur, Pasuruan, Jawa Timur saat menghadiri Penutupan Program Farmer2Farmer, Rabu (28/2/2018).

Produksi sapi perah di Jawa Timur saat ini ada 5.400 ton dan bisa memberikan kontribusi terhadap nasional sekitar 55 persen.

Sedangkan peternak sapi perah sebanyak 52.298 orang dan 65 unit koperasi. Namun yang memberikan pemasaran kepada Industri Pengolahan Susu (IPS) hanya 52 unit koperasi.

"Alhamdulillah produksi susu segar di Jawa Timur mencapai delapan puluh lima persen dan TPC nya dibawah satu juta," papar Wemi.

Berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI), jumlah Total Plate Count (TPC) yang layak adalah satu juta. Jadi, susu yang dihasilkan di Jawa Timur merupakan susu dengan kualitas yang sangat baik.

Wemi berharap populasi sapi perah bisa terus bertambah, dikarenakan saat ini sebanyak 2000 ekor sapi masih import. (M16)

Penulis: Anggie Lianda Putri
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved