DP Nol Rupiah

Rabu 28 Februari, Peletakan Batu Pertama Rumah Tapak DP Rp 0 di Rorotan

Pembangunan rumah tapak DP Rp 0 ditargetkan dimulai April atau Mei, lantaran lahan masih berbentuk sawah dan harus diuruk dan ditimbun.

Rabu 28 Februari, Peletakan Batu Pertama Rumah Tapak DP Rp 0 di Rorotan
Dok. Pribadi/Humas Pemkot Jakarta Utara
RUMAH contoh hunian tapak DP Rp 0 di Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, yang peletakan batu pertamanya akan dilakukan Rabu, 28 Februari 2018. 

WARTA KOTA, CILINCING --- Pembangunan rumah tapak dengan downpayment (DP) atau uang muka Rp 0 di Kelurahan Rorotan, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara, akan segera dimulai.

Lurah Rorotan, Yuyun, mengatakan, groundbreaking atau peletakan batu pertama akan dilakukan pada 28 Februari ini oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

"Rencananya, peletakan batu pertama oleh Pak Gubernur sekitar 28 Februari," ujar Yuyun saat dihubungi Kompas.com, Jumat (23/2/2018).

Baca: Warga Mulai Hunting Lokasi Rumah Tapak DP Rp 0 di Rorotan

Ia menyampaikan, rumah tapak DP Rp 0 itu berada di Jalan Malaka, RT 004 RW 010, Kelurahan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara. Lahan seluas 1,3 hektar itu milik PT Nusa Kirana yang juga merupakan pengembang pembangunan rumah tersebut.

Yuyun menjelaskan, dalam perencanaan rumah tapak tersebut akan dibangun lahan berukuran 5x9 meter atau 45 meter persegi. Di dalamnya terdiri dari dua kamar tidur, satu ruang tamu, dan satu kamar mandi. Akan tersisa lahan 1x5 meter untuk dibangun dapur.

Pembangunan rumah tapak DP Rp 0 itu ditargetkan dimulai pada April atau Mei. Soalnya, lahan masih berbentuk sawah dan harus diuruk dan ditimbun. Pembangunan ditargetkan selesai pada Februari 2019.

Baca: Setelah Pondok Kelapa, Hunian DP Rp 0 Akan Dibangun di Rorotan

Untuk harga rumah, kata Yuyun, masih belum ditentukan. Namun, rumah tersebut akan diperuntukan buat masyarakat menengah ke bawah. Pihaknya telah membuat sebuah rumah yang akan menjadi rumah contoh saat peletakan batu pertama akhir Februari lusa.

"Untuk kriteria (yang boleh membeli) masih dimusyawarahkan. Tapi intinya untuk warga menengah ke bawah, yang mampu dan produktif. Deadline serah terima kunci sekitar Februari 2019," papar Yuyun.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebelumnya telah melakukan groundbreaking pembangunan rumah susun DP Rp 0 di Klapa Village, Jalan H Naman, Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Lokasi itu terletak di samping Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pondok Kelapa.

Pembangunan rumah DP Rp 0 merupakan janji kampanye Anies untuk memberikan hunian layak bagi warga di Jakarta. (Kontributor Jakarta, David Oliver Purba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Groundbreaking" Rumah DP 0 Rupiah di Rorotan Dilakukan 28 Februari"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved