Warga Serbu Pasar Murah di RPTRA Pola Idaman Pondok Labu

"Harganya sangat jauh dari pasaran. Misal dari harga ayam yang bisa mencapai Rp 35.000 per ekor di paket pangan murah hanya Rp 8.000..."

Warga Serbu Pasar Murah di RPTRA Pola Idaman Pondok Labu
Istimewa
ILUSTRASI Pasar Murah 

WARTA KOTA, CILANDAK -- Program Pasar Murah yang digelar di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Pola Idaman, Pondok Labu, Jakarta Selatan pada Rabu (21/2/2018) disambut antusias masyarakat sekitar.

Digelar sejak pagi, ratuaan orang secara bergelombang datang ke lokasi pasar murah untuk berbelanja aneka kebutuhan pokok.

Komoditas yang ditawarkan pada pangan murah ini adalah beras seharga Rp 30.000 per 5 kg, daging sapi Rp 35.000 per kg, daging ayam Rp 8.000 per kg, telur ayam senilai Rp 10.000 per kg, ikan kembung Rp 13.000 per kg, dan susu dengan harga Rp 30.000 per 24 pcs dengan masing-masing pcs berukuran 200 ml.

Salah satu warga, Desy (41), mengatakan, ia memanfaatkan Kartu Jakarta Pintar (KJP) untuk membeli sejumlah kebutuhan seperti daging, beras dan telur.

"Dari segi harga sangat membantu. Apalagi di pasaran harga beras masih lumayan mahal," kata ibu dua anak ini.

Hal senada diungkapkan Teti, salah satu anggota PPSU Kelurahan Pondok Labu yang turut berbelanja dalam program itu.

"Harganya sangat jauh dari pasaran. Misal dari harga ayam yang bisa mencapai Rp 35.000 per ekor di paket pangan murah hanya Rp 8.000. Telur yang biasanya Rp 22.000 jadi hanya Rp 10.000. Daging yang harga pasarannya Rp 120.000 hanya Rp 30.000-an. Murah banget. Sangat membantu sekali," ungkapnya.

Lurah Pondok Labu, Siti Fauzia Ghozali mengungkapkan, adanya pasar murah ini membantu warganya untuk mendapatkan kebutuhan pangan dengan harga terjangkau.

"Selain murah bagi masyarakat juga untuk memberikan perbaikan gizi. Untuk pola pembayarannya non-cash melalui kartu ATM Bank DKI," katanya.

Dalam pasar murah di RPTRA Pola Idaman, terjual 405 paket daging sapi, 443 paket daging ayam, 501 paket telur, 412 paket beras, 404 paket ikan dan 254 paket susu.

Program Pangan Murah (PPM) ini digagas Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan melalui Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan.

Wachyuni, Kepala Sudin KPKP Jakarta Selatan, mengatakan, kegiatan ini berlangsung di 14 RPTRA wilayah Jakarta Selatan mulai 7 Februari hingga 23 Februari.

"Program Pangan Murah ini untuk warga pemegang Kartu Jakarta Pintar (KJP), pekerja harian lepas (PHL), petugas penanganan sarana dan prasarana umum (PPSU), dan penyedia jasa lainnya orang perorangan (PJLP) yang bergaji UMP, penyandang cacat, pemegang Kartu Jakarta Lansia, serta buruh UMP ber-KTP DKI," kata Wachyuni. 

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved