Jokowi Beli Piringan Hitam Metallica yang Diberikan PM Denmark Seharga Rp 11 Juta

Menurutnya, penggantian ini sesuai peraturan yang berlaku terkait gratifikasi.

Jokowi Beli Piringan Hitam Metallica yang Diberikan PM Denmark Seharga Rp 11 Juta
TRIBUNNEWS/NICOLAS MANAFE
Presiden Jokowi dan PM Denmark Lars Lokke Rasmussen bertukar cendera mata, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/11/2017). 

WARTA KOTA, PALMERAH - Presiden Joko Widodo akhirnya membeli piringan hitam alias vinyl album grup musik asal Amerika Serikat, Metallica, yang diberikan oleh Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen.

Piringan hitam deluxe box set metallica berjudul Master of Puppets sebelumnya dikembalikan kepada negara melalui KPK, sebagai pengembalian gratifikasi.

"Pemberian berupa barang deluxe box set metallica judul Master of Puppets kepada Presiden Joko Widodo telah dilaporkan kepada KPK pada tanggal 7 Desember 2017, dan telah ditetapkan menjadi milik negara melalui SK No 219 Tahun 2018 tanggal 31 Januari 2018," ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan melalui pesan singkat.

Baca: Tahu Kesukaan Jokowi, Perdana Menteri Denmark Berikan Album Piringan Hitam Metallica

Febri mengungkapkan, Jokowi mengganti barang tersebut dengan uang.

Menurutnya, penggantian ini sesuai peraturan yang berlaku terkait gratifikasi.

"Uang pengganti barang berupa Deluxe Box Set Metallica berjudul Master of Puppets senilai Rp 11.079.019 telah diterima KPK," ungkap Febri.

Penggantian barang dengan uang oleh Jokowi ini diatur dalam Peraturan KPK Nomor 6 Tahun 2015. Pasal 12 ayat (6) pada aturan itu berbunyi: "Dalam hal Gratifikasi berbentuk barang, KPK dapat meminta Penerima Gratifikasi untuk menyerahkan uang sebagai kompensasi atas barang yang diterimanya sebesar nilai yang tercantum dalam Surat Keputusan Pimpinan dengan tata cara penyerahan sebagaimana diatur pada ayat (5) huruf a".

Baca: KPK Imbau Jokowi Laporkan Album Piringan Hitam Metallica Pemberian Perdana Menteri Denmark

Pasal 12 ayat (7) berbunyi: "Penerima Gratifikasi dapat menolak permintaan KPK sebagaimana dimaksud pada ayat (6)".

Sebelumnya, Jokowi mendapatkan hadiah dari Perdana Menteri Kerajaan Denmark Lars Lokke Rasmussen dan Ibu Negara Solrun Lokke Rasmussen, berupa album piringan hitam Metallica‎.

Hadiah itu diberikan saat Jokowi menerima kunjungan kenegaraan Lars Lokke Rasmussen dan istrinya di Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, 28 November 2017. Sebagai balasan, PM Rasmussen menerima Rencong Aceh beserta dudukannya dari Jokowi. (Fahdi Fahlevi)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved