Tiang Tol Ambruk

Infrastruktur yang Pembangunannya Dihentikan Sementara Hanya Konstruksi Layang

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, konstruksi pembangunan infrastruktur tetap berjalan.

Infrastruktur yang Pembangunannya Dihentikan Sementara Hanya Konstruksi Layang
WARTA KOTA/ANGGA BHAGYA NUGRAHA
Tiang pancang proyek Tol Becakayu (Bekasi-Cawang-Kampung Melayu) di Jalan DI Panjaitan, Cawang, Jakarta Timur, roboh pada Selasa (20/2/2018) sekitar pukul 03.30 WIB. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, konstruksi pembangunan infrastruktur tetap berjalan.

Pemberhentian pembangunan hanya berlaku pada pembangunan konstruksi elevated atau layang. Jadi misalnya untuk LRT Jabodetabek, pembangunan jalan layangnya diberhentikan, namun jalur daratnya tetap dibangun.

“Tidak berhenti pembangunannya, yang jalur di atas saja yang berhenti, yang di bawah masih kontruksi,” jelas Basuki saat menggelar konferensi pers di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2018).

Baca: Tiang Pancang Proyek Tol Becakayu Ambruk Jadi Kecelakaan ke-12 Proyek Infrastruktur di Indonesia

Pembangunan lainnya seperti bendungan, tol, dan pengaspalan, dipastikan Basuki tetap berjalan.

"Untuk pembangunan tol tidak layang, pengaspalan jalan pekerjaan jembatan terus tetap berjalan, tol layang, LRT layang kita hentikan sementara," papar Basuki.

Pemberhentian sementara dilakukan untuk evaluasi seluruh pembangunan infrastruktur, baik dari metode yang digunakan, SOP, hingga kualitas SDM karena banyaknya kecelakaan pembangunan infrastruktur layang.

Baca: Korban Bersyukur Masih Bisa Istigfar Saat Tertimpa Besi Tiang Penyangga Tol Becakayu

"Kita lebih mengantisipasi supaya tidak terjadi lagi, ini sudah ke-14 kalinya selama dua tahun ini. Maka kita perlu hal ditindaklanjuti," ucap Basuki.

Targetnya evaluasi dilakukan satu sampai tiga minggu ke depan, dari waktu pemberhentian yang dimulai pada Selasa (20/2/2018) kemarin. (Apfia Tioconny Billy)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved