Dua Puskesmas Kelurahan di Pesanggrahan Galang Komitmen Akreditasi

"Sebagai salah satu fasilitas pelayanan publik, puksesmas dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas.."

Dua Puskesmas Kelurahan di Pesanggrahan Galang Komitmen Akreditasi
Warta Kota/Feryanto Hadi
DUA Puskesmas di Kecamatan Pesanggrahan, yakni Puskesmas Kelurahan Bintaro dan Puskesmas Kelurahan Ulujami, mengadakan penggalangan komitmen akreditasi di Hotel Veranda, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2018). 

WARTA KOTA, PESANGGRAHAN -- Dua Puskesmas di Kecamatan Pesanggrahan, yakni Puskesmas Kelurahan Bintaro dan Puskesmas Kelurahan Ulujami, mengadakan penggalangan komitmen akreditasi di Hotel Veranda, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (20/2/2018).

Wali Kota Tri Kurniadi mengatakan, akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan.

Selain itu, lanjut Kurniadi, ada beberapa sistem yang harus dilakukan, di antaranya sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaran pelayanan dan program serta penerapan manajemen risiko.

"Sebagai salah satu fasilitas pelayanan publik, puksesmas dituntut untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas pada semua lapisan masyarakat," kata Kurniadi.

Pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas, lanjut Kurniadi, dapat diwujudkan apabila ada standar yang jelas yang dapat dijadikan sebagai pedoman. Untuk itu, tutur Kurniadi, puskesmas harus sudah terakreditasi.

"Sesuai Peraturan Menteri Kesehatan RI No 75 Tahun 2014 tentang pusat kesehatan masyarakat," terangnya.

Kurniadi berharap, dalam pelaksanaan proses akreditasi, dirinya mengimbau seluruh lintas sektor untuk mendukung proses akreditasi tersebut secara konsisten.

"Semoga kegiatan penggalangan komitmen akreditasi ini berjalan lancar dan membuahkan hasil yang terbaik," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Ummu Khairi menambahkan, kegiatan penggalangan komitmen akreditasi ini sebagai langkah awal persiapan penilaian akreditasi.

Menurut Ummu, penilaian akreditasi puskesmas kelurahan Bintaro dan Ulujami akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2019.

"Penilaian baru akan dilakukan pada 2019 mendatang, saat ini kita galang komitmen dari lintas sektor mulai dari Wali Kota, Kecamatan, Kelurahan, RT, RW, hingga warganya," tuturnya. 

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved