Bukan Cuma Bikin Ambles, Pengerukan Kali Sunter Sebabkan Longsor di Cipinang

Pengerukan kali sunter secara asal-asalan di JCipinang diduga juga menyebabkan longsor.

WARTA KOTA
Sejumlah petugas dari Sudin SDA tengah memperbaiki jalan amblas di jalan Al Mujahidin, Cipinang, Pulogadung, Jakarta Timur. 

WARTA KOTA, PULOGADUNG -- Pengerukan kali sunter secara asal-asalan di Jalan Hj. Mujahidin, RT 3/17, Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, diduga menyebabkan berbagai hal lain selain tanah ambles.

Warga menyalahkan pengerukan kali bukan tanpa alasan. Sebab sebelum jalan disana ambles, peristiwa lainnya sudah lebih dulu terjadi. Salah satunya longsor.

Di beberapa titik lokasi lebih dulu terjadi longsor. Bahkan warga menghitung sudah 3 kali terjadi longsor selama pengerukan kali berjalan 4 bulan belakangan. 

Lurah Cipinang, Wahyudi, mengatakan belum mengetahui penyebab amblesnya jalan tersebut.

Namun ia memastikan  amblesnya jalan bukan disebabkan sering alat berat truk yang melintas di lokasi tersebut.

Sejumlah petugas dari Sudin SDA tengah memperbaiki jalan amblas di jalan Al Mujahidin, Cipinang, Pulogadung, Jakarta Timur.
Sejumlah petugas dari Sudin SDA tengah memperbaiki jalan ambles di jalan Al Mujahidin, Cipinang, Pulogadung, Jakarta Timur. (WARTA KOTA)

"Nggak ada truk hanya kerja bakti aja, karena jalan ini hanya dilewati mobil kecil, sebenarnya tidak longsor hanya ambles saja," kata Wahyudi saat ditemui, Senin (19/2/2018).

Dikatakan Wahyudi bahwa akibat amblesnya jalan setidaknya sebanyak lima rumah terdampak, ia pun sudah memerintahkan warga yang terdampak untuk mengungsi.

Hal tersebut dilakukan untuk meminimalisir terjadinya hal yang tidak di inginkan, sementara itu hingga saat ini perbaikan tengah dilakukan.

"Kami sudah perintahkan warga untuk mengungsi, takutnya nanti ambles lagi. Makanya saat ini dalam perbaikan. Ini kan bencana alam jadi kita tidak bisa prediksi," katanya.

Selain itu di sepanjang Jalan Hj. Mujahidin ada tebing kali yang longsor, namun tidak membuat jalanan ambles. Terlihat perbaikan juga sudah dilakukan dengan menembok bibir kali.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved