Video: Begini Suasana Wihara Dharma Bakti Petak Sembilan, Jumat Malam

Pria setengah baya itu mengaku cukup lelah melayani umat yang datang, meski cukup senang melakukannya.

WARTA KOTA, JAKARTA- Sampai Jumat (16/2/2018) malam sekira pukul 20.30, ratusan umat dan warga keturunan Tionghoa masih terus berdatangan ke Wihara Dharma Bakti, di Jalan Kemenangan III, Petak Sembilan, Tamansari, Jakarta Barat.

Mereka melakukan sembahyang di wihara yang merupakan klenteng tertua di Jakarta tersebut, dalam perayaam Imlek atau Tahun Baru Cina kali ini.

Diperkirakan sudah lebih sampai 10.00O umat bersembahyang di tempat ini dalam perayaan Imlek kali ini.

Pantauan Warta Kota, Jumat malam sejumlah warga keturunan Tionghoa masih terus datang dan melakukan sembahyang dengan membakar hio dan menumpahkan minyak sambil berdoa di sejumlah altar penyembahan kepada Tuhan.

Tak sedikit yang datang adalah rombongan satu keluarga.

"Kalau sepuluh ribu orang saja sih, yang sembahyang di sini saat Imlek kali ini, mungkin lebih lah. Saat Imlek memang yang datang ke sini selalu lebih banyak dibanding hari biasa," kata Yana, salah satu pekerja di Wihara Dharma Bakti kepada Warta Kota, Jumat malam.

Pria setengah baya itu mengaku cukup lelah melayani umat yang datang, meski cukup senang melakukannya.

Sebab ia juga mendapat angpao dari umat yang datang, meski engggan menyebutkan besarannya.

"Dari malam atau dinihari tadi, kita semua sudah di sini sampai malam ini. Jadi ya capek juga walau senang. Tadi sempat gantian jaga, terus jaga lagi," kata Yana.

Ia mengatakan puncak dimana umat yang datang sembahyang cukup banyak, ternyata terjadi pada Kamis (15/2/2018) tengah malam menjelang pukul 24.00, atau saat memasuki Tahun Baru Cina atau Imlek, Jumat (16/2/2018).

"Puncaknya ya terjadi tengah malam tadi. Sekitar tiga ribu orang lebih ada sini. Ibaratnya mereka sembahyang di malam tahun baru Imlek," kata Yana.

Ia mengatakan rata-rata umat yang datang, berdoa kepada Dewi Kwan Im, perwujuadan Budha. Dewi Kwan Im merupakan dewi utama di Wihara Dharma Bakti.

"Dewi Kwan Im itu adalah Dewi kasih sayang dan welas asih," katanya.

Menurutnya Wihara Dharma Bakti akan ditutup pada Jumat malam sekitar pukul 22.00 atau pukul 23.00. "Sebab jam segitu nanti, sudah tidak ada lagi umat yang datang, dan barulah pekerja di sini bersih-bersih," katanya.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved