Breaking News:

Jakarta Banjir

Anies Sebut Bronjong Berlan Berkonsep Natural, Eh Ternyata Cuma Sementara

Anies mengatakan kampung berlan ditangani dengan cara natural lewat pemasangan bronjong. Faktanya laun.

Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Warta Kota/Rangga Baskoro
Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur dan PPSU Kelurahan Kebon Manggis saat melakukan pemasangan bronjong di pinggir Kali Ciliwung, Rabu (14/2). 

WARTA KOTA, MATRAMAN -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengatakan, perbaikan dinding tembok pinggir sungai yang ambrol di Kampung Berlan, Matraman, Jakarta Timur dilakukan dengan konsep natural.

Anies mengatakan hal itu terlihat dari penggunaan batu bronjong untuk membangun tembok di pinggir sungai.

Anies menyebut penggunaan batu bronjong tak seperti pembetonan yang membuat ekosistem air tidak bisa hidup.

Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur dan PPSU Kelurahan Kebon Manggis saat melakukan pemasangan bronjong di pinggir Kali Ciliwung, Rabu (14/2).
Petugas Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Timur bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Suku Dinas Bina Marga Jakarta Timur dan PPSU Kelurahan Kebon Manggis saat melakukan pemasangan bronjong di pinggir Kali Ciliwung, Rabu (14/2). (Warta Kota/Rangga Baskoro)

Penggunaan batu bronjong ini selain ketahanannya lebih baik, juga membantu perkembangan biota air di sekitar sungai.

"Kalau dipasang beton maka biota air enggak bisa hidup di situ. Kalau dipasang batu bronjong maka di situ bisa jadi sarang tumbuhnya biota air," kata Anies seperti ditulis kompas.com.

"Jadi inilah contoh pendekatan natural yang dilakukan di tempat ini," ujar Anies saat meninjau perbaikan jalan dan dinding tembok di bibir sungai Kampung Berlan, Jumat (16/2/2018)

Anies mengatakan konsep natural tersebut selain memiliki ketahanannya yang lebih baik, juga biaya pembangunannya yang lebih murah.

Baca: Kepala Dinas Sumber Daya Air Tampar Muka Anies Baswedan Akibat Banjir

Namun Anies membantah konsep perbaikan di Kampung Berlan merupakan salah satu konsep naturalisasi sungai yang pernah diucapkannya.

"Bukan, jadi ini belum (naturalisasi). Ini penanggulangannya dengan pendekatan natural tidak dibuat beton tapi dibuatnya dengan batu bronjong yang saling mengikat batunya dan ada rongga-rongga agar bisa untuk tumbuhnya biota air," ujar Anies.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved