Hari Raya Imlek

Tak Masuk APBD 2018, Sandi Mendadak Janji Mau Restorasi Vihara Berusia 400 Tahun

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno tak pernah bicara merestorasi bangunan tua di awal masa jabatannya.

Tak Masuk APBD 2018, Sandi Mendadak Janji Mau Restorasi Vihara Berusia 400 Tahun
WARTA KOTA
Umat melihat kondisi sisa bangunan Vihara Dharma Bhakti yang terbakar di Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Senin (2/3/2015). Kebakaran Vihara tertua di Jakarta ini juga menghanguskan sejumlah rumah disekitarnya, yang diduga disebabkan dari lilin yang berada di dalam vihara. 

WARTA KOTA, TAMANSARI -- Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno tak pernah bicara merestorasi bangunan tua di awal masa jabatannya, terutama terkait Vihara. 

Tapi saat berkunjung ke Vihara Dharma Bakti, Sandi mendadak menjanjikan bakal merenovasi Vihara di Jalan Kemenangan III, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat. Padahal tak ada anggaran merenovasi Vihara tersebut di APBD DKI 2018. 

Baca: Mengerikan! Penjelajah Waktu Lolos Tes Kebohongan, Lalu Beberkan Ini

"Jadi vihara ini sempat terbakar. Ini vihara tertua di DKI, usianya hampir 400 tahun. Kami selalu berkoordinasi dengan Pak Tan, pengelola di sini. Kami ingin membantu. Yang mereka butuhkan hanya perizinan, kita akan berikan perizinan, karena ini bagian dari cagar budaya. Jadi cagar budayanya juga harus kita perhatikan. Supaya esensi dari nilai historisnya itu akan terus kita jaga," ungkap Sandiaga Salahudin Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta saat berkunjung ke Vihara Dharma Bakti pada Jumat (16/2/2018) siang.

Baca: Ketika Sandiaga Uno Berdoa di Klenteng Tertua Jakarta

Alasan pihaknya merestorasi Vihara Dharma Bakti lantaran merupakan salah satu cagar budaya Ibukota yang wajib dilestarikan. Sementara kondisi vihara sejak mengalami kebakaran pada Senin, 2 Maret 2015 silam itu belum banyak diperbaiki. 

 "Ini kan cagar budaya yang menjadi daya tarik wisata yang luar biasa. Dan saya dan pak Anies, ingin menjadikan dan wisata ini akan menarik kunjungan dari china ini yang kita harapkan bisa menjadi suatu objek wisata yang layak kita jual kebetulan juga nggak terlalu jauh dari Kota Tua," jelasnya. 

 Seperti diketahui sebelumnya, Hari Raya Imlek yang jatuh pada hari ini, Jumat (16/2/2018) turut dirayakan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahudin Uno dengan menyambangi klenteng tertua di ibukota, Wihara Dharma Bakti (Kim Tek Le) yang bertempat di Jalan Kemenangan III, Glodok, Tamansari, Jakarta Barat. 

Baca: Anies Terobos Banjir Sepinggang di Cakung

 Dalam kunjungannya, dirinya bersilaturahmi dengan pengurus klenteng sekaligus melepaskan sebanyak 17 ekor burung pipit sebagai simbol harapan. Dalam harapan, dirinya berharap agar Jakarta membawa kesejahteraan bagi seluruh warganya. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved