Secara Lisan, Dinkes Depok Telah Menginstruksikan Apotek dan Toko Obat Tidak Jual Albothyl

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok secara lisan telah meminta semua apotek dan toko obat di Depok untuk tidak menjual Albothyl, Jumat (16/2/2018).

Secara Lisan, Dinkes Depok Telah Menginstruksikan Apotek dan Toko Obat Tidak Jual Albothyl
Tribunnews.com
BPOM melarang peredaran obat sariawan Albothyl. 

WARTA KOTA, DEPOK---Meski baru akan menindaklanjuti surat edaran BPOM terkait pembekuan izin edar Albothyl pada Senin (19/2/2018), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok secara lisan telah meminta semua apotek dan toko obat di Depok untuk tidak menjual Albothyl mulai Jumat (16/2/2018).

"Secara lisan sudah kami sampaikan ke apotek dan toko obat di Depok. Selain itu di media daring, informasi tersebut sudah beredar dan sudah diketahui di kalangan Apoteker di Depok," kata Vera, Kepala Seksi Perbekalan Kesehatan Sarana Prasarana dan Pengawasan Makanan (PSPM) Dinas Kesehatan Depok, kepada Warta Kota, Jumat (16/2/2018) sore.

Baca: Libur Imlek Jadi Kendala Dinkes Depok Tindaklanjuti Pembekuan Izin Edar Albothyl

Vera mengatakan, informasi terkait pembekuan izin edar Albothyl oleh BPOM beredar sejak Kamis (15/2/2018).

"Sejak Kamis kemarin, kami menunggu edaran dari Badan POM. Dan Jumat keluar edaran larangan peredaran Albothyl serta nomor izin edarnya ditarik Badan POM. Karena itu, rencananya Dinas Kesehatan Depok akan membuat surat edaran untuk penarikan produk tersebut, Senin depan," kata Vera.

Sebab, kata Vera, pada Jumat sampai Minggu (18/2/2018) adalah hari libur panjang bersamaan dengan Imlek. "Karena berhubung hari libur, kemungkinan hari Senin, kami buat surat edaran larangan tersebut untuk semua apotek dan toko obat di Depok. Namun secara lisan sudah," kata Vera.

BPOM bersama ahli farmakologi melarang penggunaan policresulen dalam cairan obar luar konsentrat untuk pembedahan serta penggunaan pada kulit, termasuk untuk mengobati sariawan, THT, dan vaginal.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved