Breaking News:

Jalanan Retak, Anggaran Pemasangan Sheet Pile Akan Segera Dibicarakan

Pembenahan dan pembangunan di sepanjang Sungai Ciliwung berada di BBWSCC Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian PUPR.

WARTA KOTA/JOKO SUPRIYANTO
Jalan inspeksi Kesatria X RT 12/03 Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, retak. 

WARTA KOTA, MATRAMAN---Pembenahan dan pembangunan di sepanjang Sungai Ciliwung berada di Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA) Kementerian PUPR.

Oleh sebab itu, penanganan yang terkait dengan pembenahan Sungai Ciliwung koordinasinya langsung dari Pemerintah Pusat yang bekerja sama dengan Pemprov DKI Jakarta.

Kepala BBWSCC, Jarot Widyoko, mengatakan, sudah menindaklanjuti terkait retaknya Jalan Kesatriaan X, Matraman, Jakarta Timur, dengan cara memasang bronjong di pinggir kali.

"Karena ini kepentingan rakyat yang mendesak, kemarin kami langsung kirim 100 bronjong," kata Jarot kepada Warta Kota, Rabu (14/2/2018).

Kemudian, ia telah meninjau ke lokasi kejadian dengan berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga, Dinas SDA, Lurah Kebon Manggis dan LKMD. Hasil pertemuan menyepakati bahwa dilakukan penanganan yang sifatnya temporer.

"Bronjong dari kami, pelakunya Dinas SDA dan upahnya dari kelurahan dan warga sekitar. Kami dari PUPR hanya bisa membantu bronjong dan pasir," kata Jarot.

Baca: Begini Kronologis Retaknya Jalan di Kampung Berlan

Sementara terkait perbaikan permanen, BBWSCC sedang mengajukan anggaran ke Kementerian PUPR. Meski begitu, pembicaraan terkait anggaran tidak semudah membalikkan telapak tangan.

"Anggaran kami sudah lewat (tahun 2018), jadi kami kalau bisa mengupayakan perubahan anggaran. Tapi anggaran enggak semudah seperti anak minta uang ke bapak terus langsung dikasih. Ada prosedurnya," kata Jarot.

Oleh sebab itu, perbaikan permanen tekait pemasangan turap sheet pile paling lambat dilakukan tahun 2019 apabila perubahan anggaran tidak disetujui.

Halaman
12
Penulis: Rangga Baskoro
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved