Breaking News:

Anies Menerapkan Naturalisasi Sungai di Pinggiran Kali Kebon Manggis

Anies mengatakan, dengan pemasangan kawat bronjong sebagai salah satu cara menghidupkan biota air secara natural.

Warta Kota/Joko Supriyanto
Gubernur DKI Anies Baswedan berbalut busana Imlek saat meninjau jalan inspeksi yang retak di Jalan Kesatria X RT 12 RW 03 Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur, Jumat (16/2/2018) 

WARTA KOTA, MATRAMAN---Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi retaknya jalan inspeksi Kesatria X RT 12 RW 03 Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman, Jakarta Timur.

Hingga saat ini Dinas Sumber Daya Air bersama Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) memasang kawat bronjong yang diisi dengan batu di pinggir Sungai Ciliwung.

Anies mengatakan, dengan pemasangan kawat bronjong sebagai salah satu cara menghidupkan biota air secara natural sehingga hal tersebut berbeda dengan cara pemasangan beton.  Dengan adanya pemanfaatkan tersebut bisa dikatakan ini salah satu contoh naturalisasi sungai.

Baca: Begini Kronologis Retaknya Jalan di Kampung Berlan

"Kalau dipasang beton biota-biota air tidak akan bisa hidup di situ. Dipasang batu bronjong maka di situ bisa menjadi sarang tumbuhnya biota-biota air sehingga ini salah satu contoh pendekatan natural yang dilakukan di tempat ini," kata Anies saat meninjau lokasi retak di Kebon Manggis, Jumat (16/2/2018).

Dari segi kekuatan, keranjang bronjong dinilai lebih kuat, dan dari segi biaya jauh lebih murah daripada pemasangan beton serta ramah lingkungan.

"Jadi ini contohnya, ini pendekatanya dilakukan natural. Tidak dibuat beton tapi bronjong yang nanti saling mengikat," kata Anies.

Namun Anies engan menjelaskan secara detail mengenai program naturalisasi sungai yang dimaksudkan. Namun pemasangan bronjong dipinggiran sungai menjadi salah satu contoh naturalisasi sungai.

"Nanti kalau itu tidak spontanitas, harus pakai perencanaan. Anda bisa lihat pendekatan natural yang tidak natural ini contohnya," kata Anies.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved