Gandeng Kemendikbud, Adira Finance Dukung Pendidikan Vokasi

“Program CSR ini merupakan salah satu perwujudan nyata dari Visi Misi Adira Finance untuk turut serta mengembangkan masyarakat..."

Gandeng Kemendikbud, Adira Finance Dukung Pendidikan Vokasi
Istimewa
DIRJEN Pendidikan Dasar & Menengah Hamid Muhammad (tengah kiri) berjabat tangan dengan Direktur Utama Adira Finance Hafid Hadeli (tengah kanan) usai penandatanganan nota kesepahamam kerjasama Program Peningkatan Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen untuk siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia, di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat (9/2/2018) 

WARTA KOTA, SENAYAN --- Adira Finance bersama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar kerjasama Program Peningkatan Kompetensi Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen untuk siswa/siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia.

Program kerjasama ini akan berlangsung selama 3 tahun ke depan (2018-2020) dan  fokus pada meningkatkan kompetensi siswa/siswi SMK jurusan Bisnis dan Manajemen di bidang industri lembaga pembiayaan, termasuk juga pembekalan untuk memasuki dunia kerja profesional.

Hafid Hadeli selaku Direktur Utama Adira Finance mengatakan program peningkatan kompetensi ini merupakan  bentuk komitmen Adira Finance untukmemperluas implementasi program Corporate Social Resposiblity (CSR) di bidang pendidikan. Tahun 2014 lalu, Adira Finance  bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kota DKI Jakarta menyelenggarakan program peningkatan kompetensi di 5 SMK di wilayah DKI Jakarta.

“Program CSR ini merupakan salah satu perwujudan nyata dari Visi Misi Adira Finance untuk turut serta mengembangkan masyarakat, khususnya di bidang pendidikan. Para generasi muda harus memiliki bekal untuk dapat bersaing di dunia kerja.  Oleh karenanya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk memberikan mereka pendidikan yang baik dan sesuai dengan kebutuhan mereka,” kata Hafid saat penandatangan kerjasama di Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta, Jumat (9/2/2018).

Berbeda dengan program yang digelar bersama dengan Pemerintah DKI Jakarta yang hanya mencakup 5 SMK, tahun ini Adira Finance memperluas jangkauan wilayah program ke kota-kota besar di 9 wilayah yang ada di seluruh Indonesia yaitu Medan, Palembang, Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Balikpapan dan Makassar.

Setiap wilayah akan terdapat 2 SMK terpilih. Parasiswa/siswi akan mendapatkan pembekalan materi yang lebih terintegrasi kurikulumnya sebanyak 16 modul kompetensi yang harus dicapai dalam 36 jam dan dimulai sejak tingkat XI.

“Pada awal program ini kami telah melakukan seleksi awal untuk SMK dimana SMK yang terpilih adalah yang memiliki jurusan bisnis dan manajemen, selanjutnya sinkronisasi bahan ajar dengan kurikulum SMK, pemberian pelatihan untuk para Guru SMK yang akan terlibat dalam proses pengajaran”,lanjut Hafid

Direktur SDM & Marketing Adira Finance Swandajani Gunadi mengatakan program peningkatan kompetensi bidang keahlian bisnis dan manajemen yang diselenggarakan oleh Adira Finance dan Kemendikbud ini memberikan berbagai manfaat untuk para siswa/siswi SMK.

“Para siswa/siswi kelas XI akan mendapatkan kesempatan magang. Mereka  yang dinyatakan lulus seleksi oleh Adira Finance akan memperoleh pembekalan pengetahuan dan soft skill yang dibutuhkan saat bekerja khususnya dalam industri pembiayaan dimana Adira Finance merupakan salah satu perusaahan pembiayaan terbesar di Indonesia,serta berkesempatan untuk mendapatkan dana bantuan pendidikan bagi 3 siswa berprestasidarisetiapperwakilan SMK,”papar Swandajani.

Melalui penyelanggaraan program peningkatan kompetensi bidang keahlian bisnis dan manajemen ini, diharapkan dapat menekan tingkat pengangguran yang ada di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Hironimus Rama
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved