Wakil Wali Kota Komitmen Dukung Akreditasi Puskesmas di Tebet

Arifin menegaskan bahwa walaupun tidak ada akreditasi, Puskesmas di Jakarta Selatan tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Wakil Wali Kota Komitmen Dukung Akreditasi Puskesmas di Tebet
Warta Kota/Feryanto Hadi
WAKIL Wali Kota Jakarta Selatan Arifin memberikan dukungan untuk akreditasi dua Puskesmas di Kecamatan Tebet, dalam acara Penggalangan Komitmen Akreditasi 2018 Puskesmas Kelurahan Bukit Duri dan Manggarai Selatan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (6/2/2018), 

WARTA KOTA, TEBET -- Wakil Wali Kota Jakarta Selatan Arifin berkomitmen untuk mendukung penuh akreditasi bagi dua Puskesmas di Kecamatan Tebet, yakni Puskesmas Kelurahan Duri dan Puskesmas Kelurahan Manggarai Selatan.

Dalam acara Penggalangan Komitmen Akreditasi 2018 Puskesmas Kelurahan Bukit Duri dan Manggarai Selatan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (6/2/2018), Arifin mengatakan, dukungan diberikan lantaran akreditasi merupakan salah satu hal yang sangat baik sebagai upaya peningkatan mutu pelayanan Puskesmas.

"Pelaksanaan akreditasi Puskesmas bertujuan agar mendapatkan pengakuan formal yang diberikan oleh badan akreditasi, terhadap kompetensi suatu lembaga atau organisasi dalam melakukan kegiatan, serta alat untuk mengukur mutu pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas," ujarnya.

Arifin menjelaskan, komitmen serta dukungan tidak lah hanya diberikan dari pihak pemerintah saja. Masyarakat, lanjut Arifin, juga turut ikut serta dalam pemberian komitmen ini, agar apa yang diinginkan bisa tercapai.

"Kalau berbicara kesehatan, kita tidak bisa hanya mengandalkan pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas saja. Tapi apabila masyarakat bisa menjaga kesehatannya, berperilaku hidup bersih, maka bisa tercapai. Sinergitas antara warga dengan petugas kesehatan akan lebih baik kolaborasinya, untuk meningkatkan kesehatan masyarakat," tuturnya.

Meskipun begitu, Arifin menegaskan bahwa walaupun tidak ada akreditasi, Puskesmas di Jakarta Selatan tetap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Sekarang, pelayanan di Puskesmas-Puskesmas kita sebagai ujung tombak kesehatan di masyarakat jauh lebih baik. Tempatnya lebih nyaman, lebih bersih, dokter-dokternya sangat ramah, pelayanan sangat mudah, fasilitas kesehatan juga semakin dilengkapi. Ini semata-mata terus kita tingkatkan, sebagai komitmen kita dalam meningkatkan derajat kesehatan warganya," ucapnya.

Sementaran itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Tebet dr. Hilda mengatakan, dengan adanya komitmen ini, semua pihak siap untuk melaksanakan yang terbaik dalam proses akreditasi.

"Jadi sebelum akreditasi ada pra-akreditasi nya. Tahapannya ada penilaian survei terlebih dahulu dari Sudin Kesehatan, Dinas Kesehatan, baru nanti dari badan akreditasi yang sudah disahkan. Penilaian kemungkinan di akhir Desember 2018 nanti," tuturnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved