PMI Internasional Apresiasi Kampung Hidroponik Pengadegan

Kampung Hidroponik yang digagas Kelurahan Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

PMI Internasional Apresiasi Kampung Hidroponik Pengadegan
Warta Kota/Feryanto Hadi
Kampung Hidroponik yang digagas Kelurahan Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan mendapatkan apresiasi dari PMI Internasional, perwakilan Zurich Insurance dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid. 

WARTA KOTA, PANCORAN -- Kampung Hidroponik yang digagas Kelurahan Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan mendapatkan apresiasi dari berbagai pihak.

Pada Selasa (30/1/2018), kampung itu dikunjungi oleh PMI Internasional, perwakilan Zurich Insurance dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid untuk melihat konsep kampung hidroponik di kawasan padat penduduk.

Sumarsono Ketua PMI Pusat, menyatakan, Kampung Hidroponik tersebut bagian dari Program Pengurangan Risiko Bencana dari Zurich Insurance.

Ada tiga sasaran dalam program itu yakni pembangunan manusia di sekitar sungai Bengawan Solo, Citarum dan Ciliwung.

"Pengadegan ini masuk dalam lokasi mitigasi penanganan banjir dukungan PMI dan Zurich Insurance. Kemudian dibentuk tim yang dinamakan Sibat. Sibat ini yang berinovasi dan kebetulan di Pengadegan menggagas konsep kampung hidroponik," katanya di kantor Kelurahan Pengadegan.

Kampung hidroponik di Kecamatan Pengadegan, Jakarta Selatan.
Kampung hidroponik di Kecamatan Pengadegan, Jakarta Selatan. (warta kota/Feryanto Hadi)

Upaya kreatif ini menurutnya bisa diaplikasikan di berbagai perkampungan padat di Jakarta, mengingat terbatasnya lahan yang tersedia saat ini.

"Harapan kami ke depannya bisa diaplikasikan ke perkampungan-perkampungan agar tercipta Jakarta yang hijau. Sebab Jakarta ini sudah dikepung oleh beton."

Ketua Tim Zurich Insurance, David Nass mengapresiasi program yang mereka dukung sejak empat tahun lalu itu.

"Ini saya harap program ini menghasilkan masyarakat tangguh banjir. Dan ini bisa dilakukan ke depannya semua pihak dapat kerjasama untuk mengatasi persoalan di masyarakat. Kami akan melanjutkan program ini. Kami juga berterimakasih kepada PMI sebagai katalisator yang telah menghubungkan beberapa pihak," jelasnya.

Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid yang sebelumnya sudah berkeliling ke perkampungan di Pengadegan mengaku terkejut dengan apa yang dilihatnya.

Jalan dan gang di kawasan Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan yang dulunya kumuh, kini berubah menjadi hijau dan asri.
Jalan dan gang di kawasan Pengadegan, Pancoran, Jakarta Selatan yang dulunya kumuh, kini berubah menjadi hijau dan asri. (Warta Kota/Feryanto Hadi)
Halaman
123
Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Murtopo
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved