Breaking News:

BMKG Tepis Isu Hoax Soal Gempa Susulan

Dipastikan isu gempa susulan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) adalah hoax atau bohong. D

Penulis: | Editor: Gede Moenanto
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Ilustrasi 
WARTA KOTA, PALMERAH -- Kabar terkait gempa susulan usai gempa bumi berkekuatan 6,1 Skala Richter, yang terjadi di Samudera Hindia.
Dengan kedalaman 64 kilometer, tepatnya 43 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Lebak, Banten pada Selasa (23/1/2018) siang.
Dipastikan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hoax atau bohong. 
Dalam siaran tertulis yang diterbitkan Biro Hukum dan Organisasi BMKG pada Selasa (23/1/2018) malam, Kepala Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan kabar hoax yang mengatasnamakan BMKG tersebut sangat tidak benar.
BMKG ditegaskannya tidak pernah menyampaikan informasi tersebut.
Sehubungan dengan adanya berita yang meresahkan dan beredar di masyarakat, yaitu, 'Diharap ke luar rumah nanti malam pukul 22.30-23.59 dikarenakan petensi gempa susulan sebesar 7,5 SR Magnitude. Bagi yang tahu harap sebarkan berita penting ini.
Berita tersebut dibuat dengan mengatasnamakan BMKG, berita itu hanya hoax atau isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan dan membohongi masyarakat karena isu tersebut tidak mempunyai dasar ilmiah yang jelas," jelasnya dalam siaran tertulis. 
Sebab lanjutnya, hingga kini belum ada teknologi yang dapat memprediksi dengan tepat, kapan, dimana dan berapa kekuatan gempa yang akan terjadi. 
"Perlu diketahui juga bahwa informasi tinggi gelombang laut yang saat ini beredar merupakan informasi peringatan dini tinggi gelombang laut rutin yang terkait dengan Kemaritiman," jelasnya.
Oleh karena itu, masyarakat dihimbau dan diharapkan tidak terpengaruh serta tidak perlu dihiraukan dengan informasi tersebut. 
Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG senantiasa membuka layanan informasi gempabumi dan tsunami 24 jam, yaitu melalui call center 021-6546316 atau mengunjungi situs resmi BMKG http://www.bmkg.go.id, atau follow twitter @infobmkg.
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved