Merasa Terpenjara, Juwita Kabur dari Rumah Majikan

Juwita katanya mengaku melarikan diri dari rumah majikan tanpa uang sepeser pun karena terus dikekang majikan.

Merasa Terpenjara, Juwita Kabur dari Rumah Majikan
Warta Kota/Dwi Rizki
Juwita saat bersama petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Jakarta Selatan.

WARTA KOTA, PALMERAH -- Malang nian nasib seorang pembantu rumah tangga (PRT) bernama Juwita (28), warga desa Pulau Rakyat Tuah, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Perempuan lajang itu ditemukan Petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Jakarta Selatan menggelandang di Ibu Kota lantaran tidak memiliki ongkos pulang ke kampung halaman.

Dalam pemeriksaan, Petugas P3S Jakarta selatan, Sutikno menyampaikan latar belakang Juwita menggelandang berbeda dengan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)yang biasa ditemuinya.

Juwita saat bersama petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Jakarta Selatan.
Juwita saat bersama petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Jakarta Selatan. (Warta Kota/Dwi Rizki)

Juwita katanya mengaku melarikan diri dari rumah majikan tanpa uang sepeser pun karena terus dikekang majikan.

Padahal, Juwita yang mengaku bekerja dan tinggal di rumah majikannya di bilangan Bekasi, Jawa Barat selama dua tahun belakangan itu tidak bermasalah dengan majikannya.

Hingga sang majikan diungkapkan perempuan berjilbab itu terjerat kasus pidana pada akhir Desember 2017 lalu.

"Alasannya melarikan diri karena majikannya bermasalah dengan hukum, akhirnya dia memilih melarikan diri dari rumah majikan dengan alasan merasa terisolasi. Dia pergi tanpa tujuan sampai akhirnya berada di Blok M, dua minggu berpindah-pindah mengemis di sekitar terminal dan mall, sampai akhirnya ditemukan anggota," ungkap Sutikno pada Minggu (21/1/2018).

Terkait latar belakang Juwita itu, pihaknya kemudian berkordinasi dengan Kepolisian Resort Metro Jakarta Selatan, khususnya mengenai perlindungan sekaligus pemulangan Juwita ke kampung halaman.

Pihak Kepolisian katanya menanggapi kasus tersebut dengan baik, Polres Metro Jakarta Selatan lewat Kanit I SPKT, Azwar segera menerbitkan Surat permohonan Bantuan Pemulangan Juwita kepada Dinas Sosial DKI Jakarta.

Surat pemulangan Juwita yang dikeluarkan Polres Jakarta Selatan.
Surat pemulangan Juwita yang dikeluarkan Polres Jakarta Selatan. (Warta Kota/Dwi Rizki)

"Dalam waktu dekat yang bersangkutan akan dipulangkan ke kampung halaman. Karena itu, dia sekarang dititipkan di Panti Sosial Perlindungan Kasih Kemayoran, Jakarta Pusat sambil menunggu jadwal pemulangan," tutupnya. (dwi)

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved