Breaking News:

Presiden Rusia Berendam di Danau Bersuhu Minus 5 Derajat

Setelah Putin, ratusan orang lainnya melakukan hal serupa, menyelam di danau yang airnya dingin membekukan itu.

Editor: Ahmad Sabran
AFP
Presiden Vladimir Putin menceburkan diri ke Danau Selinger, sebelah timur laut Moskwa di tengah suhu minus 5 derajat Celcius. Ini adalah bagian dari tradisi Kristen Ortodoks untuk mengenang pembabtisan Yesus di Sungai Jordan.(Alexey DRUZHININ / SPUTNIK / AFP ) 

WARTA KOTA, JAKARTA-  Presiden Rusia Vladimir putin dan umat Kristen Ortodoks Rusia berendam di air es sebagai bentuk ritual tahunan menandai pembabtisan Yesus.

Di beberapa bagian wilayah Rusia tengah mengalami suhu dingin yang amat ekstrem. Di sebagian Siberia suhu bisa mencapai -68 derajat Celcius.

Alhasil, di sejumlah daerah itu ritual tahunan ini terpaksa tidak bisa digelar.

Dikelilingi para pendeta Ortodoks dan berbagai pernik keagamaan yang berkilau, di bawah suhu -5 derajat Celcius, Putin masuk ke dalam air di Danau Selinger, 350 kilometer sebelah timur laut Moskwa.

Setelah Putin, ratusan orang lainnya melakukan hal serupa, menyelam di danau yang airnya dingin membekukan itu.

Ritual tahunan ini biasa digelar antara 18-19 Januari dan pada tahun lalu sedikitnya dua jutu warga Rusia terlibat dalam ritual tersebut.

Di Norilsk, sebuah kota di lingkar Artik, pemerintah setempat melarang ritual tahunan itu digelar karena suhu di wilayah itu tercatat minus 52 derajat Celcius ditambah embusan angin yang amat kencang.

Ritual serupa juga dilakukan warga Ukraina dan Belarus, dua negara tetangga Rusia, yang sebagian besar warganya juga memeluk agama Kristen Ortodoks.

Menurut tradisi, umat Ortodoks harus menyelam tiga kali untuk mengingat peristiwa pembabtisan Yesus di Sungai Jordan.

Selain ritual ini, para pendeta Ortodoks juga melakukan pemberkatan terhadap sungai, bendungan, hingga Laut Hitam dan Kaspia.

KOMPAS.COM/Ervan Hardoko

Berita ini sudah tayang di KOmpas.com dengan judul Di Suhu Minus 5 Derajat Celcius, Presiden Putin Ceburkan Diri ke Danau

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved