Ojek Pangkalan Dukung Rencana Anies Baswedan Hidupkan Lagi Becak di Jakarta

Niat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaktifkan kembali becak, mendapatkan dukungan dari pengemudi ojek pangkalan.

Ojek Pangkalan Dukung Rencana Anies Baswedan Hidupkan Lagi Becak di Jakarta
Warta Kota/Henry Lopulalan
Aktivitas becak masih berlangsung di Kawasan Kebon Bawang, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (15 /1/2018). 

WARTA KOTA, KOJA - Niat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaktifkan kembali becak, mendapatkan dukungan dari pengemudi ojek pangkalan.

Samsul (53), salah satu pengemudi ojek pangkalan, mendukung rencana becak diperbolehkan kembali beroperasi. Menurutnya, kebijakan tersebut membantu masyarakat kecil mencari makan.

“Setuju banget, kan bantu orang kecil dan mereka yang susah cari makan. Kalau itu (saingan) enggak ngaruh, kan sama-sama nyari rezeki, sama-sama rakyat kecil,” kata Samsul, Jumat (19/1/2018).

Baca: Dirlantas Polda Metro Jaya Minta Anies Baswedan Kaji Ulang Rencana Izinkan Becak Beroperasi Lagi

Pria yang biasa mangkal di sekitar Ramayana Plaza Koja Permai itu menilai rezeki sudah diatur oleh Tuhan. Buktinya, meski sekarang penghasilannya berkurang karena ada ojek online, Samsul tetap berusaha semaksimal mungkin.

“Yang penting usaha aja, bang. Kalau semuanya dipikirin, enggak bakalan selesai,” sambung pria yang sudah dua tahun menekuni profesi tukang ojek itu.

Pengakuan senada juga disampaikan tukang ojek pangkalan lainnya, Abas (35). Menurutnya, kebijakan Pemprov DKI Jakarta terkait nasib becak merupakan sesuatu yang sangat positif.

Baca: Tukang Becak di Pademangan Barat Tak Sabar Tunggu Kepastian Rencana Anies Baswedan

“Becak diaktifin lagi ya setuju-setuju aja. Dari zaman dulu, wnggak pernah merasa tersaingi. Tapi jangan di jalan raya juga, karena kan bukan tempatnya, becak kan identik dengan perkampungan,” ujarnya.

Ia menambahkan, kehadiran becak juga menjadi salah satu alternatif transportasi masyarakat usai belanja di pasar. Abas juga menampik becak menjadi salah satu penyebab kemacetan. (*)

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved