Anies-Sandi Bakal Perintahkan Dinas Sosial Tampung Imigran Pencari Suaka di Jakarta

Imigran asal beberapa negara, termasuk Afghanistan, mencari suaka di Jakarta dan terlihat menggelandang di Kalideres, Jakarta Barat.

Anies-Sandi Bakal Perintahkan Dinas Sosial Tampung Imigran Pencari Suaka di Jakarta
Warta Kota/Hamdi Putra
Sekitar 60 orang pencari suaka dari Afghanistan, Sudah, Somalia, dan Myanmar, hingga Jumat (19/1/2018) siang masih bertahan di depan Rumah Detensi Imigrasi, Kalideres, Jakarta Barat. 

WARTA KOTA, GAMBIR - Imigran asal beberapa negara, termasuk Afghanistan, mencari suaka di Jakarta dan terlihat menggelandang di Kalideres, Jakarta Barat.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku akan mengoordinasikan hal ini dengan pemerintah, agar imigran tidak terus berada di trotoar.

"Tadi malam saya sudah komunikasi dengan kepala Dinas Sosial. Nanti saya cek lagi hari ini. Memang ada kerumitan wewenang. Tapi yang penting bagi kita adalah soal kemanusiaan. Karena ada batasan, kebanyakan dari mereka mencari suaka, harus ada keputusan dari pemerintah pusat," ujar Anies di Balai Kota, Jumat (19/1/2018).

Baca: Rumah Detensi Imigrasi Dihuni 429 Orang, Padahal Kapasitasnya Cuma 80-102 Penghuni

Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno menambahkan, Imigran harus diberikan tempat tinggal sementara, karena trotoar tidak berfungsi sebagai tempat tinggal.

"Saya akan langsung kirim Dinas Sosial, itu harus diberikan bantuan. Karena trotoar itu bukan tempat tinggal, trotoar itu untuk pejalan kaki. Kita koordinasi, pemerintah sama aja, pusat dan daerah, kita bantu kalau ini human being, bisa ditaruh di panti sosial. Kita coba fasilitasi, kita perintahkan kepala Dinas Sosial," tutur Sandiaga. (*)

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved