Anies Baswedan: Bunga Cicilan Rumah DP Nol Rupiah Ditanggung Pemerintah Lewat Bank DKI

Program hunian dengan DP Rp 0 sudah mulai berjalan setelah groundbreaking pada Kamis (18/1/2018) kemarin.

Anies Baswedan: Bunga Cicilan Rumah DP Nol Rupiah Ditanggung Pemerintah Lewat Bank DKI
Warta Kota/Joko Supriyanto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara peletakan batu pertama program rumah DP Nol rupiah di Pondok Kopi, Jakarta Timur pada Kamis (18/1/2018). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Program hunian dengan DP Rp 0 sudah mulai berjalan setelah groundbreaking pada Kamis (18/1/2018) kemarin.

Sebelumnya, Bank Indonesia pernah menentukan tetap harus ada DP sebesar 1 persen, namun akhirnya Pemprov DKI yang akan menanggungnya lewat APBD.

Selain itu, biasanya dalam KPR selalu ada bunga di setiap cicilan per tahun, sekitar 5 persen. Ketika dikonfirmasi oleh awak media, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan nantinya bunga cicilan 5 persen tersebut akan ditanggung oleh Bank DKI.

Baca: Pemprov DKI Tak Boleh Tanggung Bunga Cicilan Rumah DP Nol Rupiah, Ini Penjelasannya

"Semuanya akan ditanggung oleh pemerintah. Bunganya dan lain-lain dengan Bank DKI, skemanya dengan Bank DKI. Kita akan tanggung semuanya," ujar Anies di Balai Kota, Jumat (19/1/2018).

Karena bunga tersebut ditanggung oleh Bank DKI, masyarakat yang membeli hunian tersebut hanya akan membayar harga hunian. Misalnya, membeli tipe 21 dengan harga Rp 185 juta, tinggal dibagi tenor cicilan tersebut.

"Sehingga masyarakat tidak harus menanggung bebannya. Nanti kita akan hitung semuanya dalam skema pembiayannya. Nanti akan muncul bulanannya," tutur Anies. (*)

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved