Masyarakat Berpenghasilan Rendah Takkan Mampu Beli Rumah DP Nol Rupiah

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja melakukan groundbreaking di lahan yang akan dijadikan lokasi hunian dengan DP nol rupiah.

Masyarakat Berpenghasilan Rendah Takkan Mampu Beli Rumah DP Nol Rupiah
Warta Kota/Joko Supriyanto
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara peletakan batu pertama program rumah DP Nol rupiah di Pondok Kopi, Jakarta Timur pada Kamis (18/1/2018). 

WARTA KOTA, GAMBIR - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan baru saja melakukan groundbreaking di lahan yang akan dijadikan lokasi hunian dengan DP nol rupiah.

Hunian yang berkonsep rumah lapis tersebut terletak di Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur. Yang bisa memiliki rumah ini adalah masyarakat Jakarta dengan penghasilan maksimal Rp 7 juta.

Ali Trianghada, pengamat perumahan menuturkan, program rumah DP nol rupiah ini tidak dapat berdiri sendiri.

Baca: Ini Syarat Dapat Rumah Lapis DP Nol Rupiah

Ali menyebutkan bahwa program ini tidak dapat dinikmati oleh masyarakat berpenghasilan rendah (MBR), yang masih banyak di Jakarta.

"Program nol persen tidak bisa diterapkan untuk MBR. (gaji) Rp 4,5 juta ke bawah enggak bisa pasti," ujar Ali kepada Wartakotalive, Kamis (18/1/2018).

Pemprov DKI Jakarta diharapkan menyediakan kembali hunian yang memang bisa dinikmati oleh MBR.

"Kalangan MBR tidak bisa dipaksakan untuk membeli. Mau enggak mau mereka sewa. Artinya harus ada program menyewa yang khusus gaji UMR. Ini enggak bisa berjalan sendiri, harus ada segmen lain," tutur Ali. (*)

Penulis: Yosia Margaretta
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved