Breaking News:

Orang Indonesia Doyan Jajan, Bisnis Kuliner Cerah

Perilaku masyarakat dalam mengkonsumsi produk makanan dan minuman di dalam atau pun di luar rumah sangat beragam dan unik.

Penulis: | Editor: Max Agung Pribadi
Warta Kota/Dwi Rizki
Seminar 'Raih Kesempatan Lewat Konsumsi Luar Rumah (Capturing Opportunities Through Out-of-Home Consumption)' di Hotel Mulia, Jakarta Pusat, Selasa (16/1/2018). 

WARTA KOTA, PALMERAH-Perilaku masyarakat dalam mengonsumsi produk makanan dan minuman di dalam atau pun di luar rumah sangat beragam dan unik.

Beragam negara di benua yang berbeda, termasuk Indonesia memiliki pola belanja berbeda, khususnya jajan atau pembelian produk yang di konsumsi di luar rumah.

Pesatnya gaya hidup urban di Indonesia saat ini diungkapkan General Manager Kantar Worldpanel Indonesia, Venu Madhav menjelaskan konsumen Indonesia kini menghabiskan lebih banyak waktu di luar rumah pada waktu senggang mereka, salah satunya adalah seringnya makan di luar rumah.

Berdasarkan hasil survey Kantar Worldpanel Indonesia yang berkaitan dengan pengeluaran rumah tangga, perilaku ini terjadi di semua kelas konsumen.

Tidak hanya terjadi pada kelompok konsumen dari kelas sosial ekonomi menengah ke atas, tetapi pertumbuhan ini justru terlihat pada kelas sosial ekonomi menengah ke bawah.

Masyarakat perkotaan Indonesia lebih sering mengkonsumsi produk siap santap di luar rumah dibandingkan dengan di dalam rumah.

Pembelian sejumlah produk konsumsi di luar rumah pun katanya cenderung lebih impulsif hingga mencapai tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan pembelian produk konsumsi di dalam rumah yang lebih terencana.

"Memenangkan momentum ketika konsumen memilih produk yang dikonsumsi di luar rumah untuk melepaskan dahaga atau mengisi rasa lapar sangatlah penting. Bayangkan seorang pelajar berjalan pulang dari sekolah pada hari yang panas dan merasa haus,kemungkinan besar dia akan mencari minuman yang tersedia dan terlihat menyegarkan serta dingin di warung atau minimarket terdekat," ungkapnya dalam Seminar 'Raih Kesempatan Lewat Konsumsi Luar Rumah (Capturing Opportunities Through Out-of-Home Consumption)' di Hotel Mulia Jakarta, Jalan Asia Afrika, Senayan, Jakarta Pusat pada Selasa (16/1/2018).

Bersamaan, New Business Development Director Kantar Worldpanel Indonesia, Fanny Murhayati memaparkan,dalam bersaing memenangkan pilihan konsumen, para pemain Fast Moving Consumer Goods (FMCG) tidak hanya berkompetisi di dalam satu kategori, tetapi juga antar kategori yang berbeda.

Misal, produk siap minum, air mineral, teh siap saji, minuman isotonic dan lainya akan saling bersaing untuk produk pelepas dahaga.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved