Breaking News:

Warga Pertanyakan Kekuatan Tanggul Laut di RW 04 Kelurahan Kamal Muara

Joko (41), warga RW 004 Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara pertanyakan tanggul laut yang retak di wilayahnya.

Penulis: | Editor: Hertanto Soebijoto
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad, bersama jajarannya meninjau proyek pengerjaan pembangunan Tanggul Laut Muara Baru, Senin (7/8/2017). 

Laporan Wartawan Warta Kota Panji Baskhara Ramadhan

WARTA KOTA, PENJARINGAN - Joko (41), warga RW 004 Kelurahan Kamal Muara, Penjaringan, Jakarta Utara mempertanyakan terkait tanggul laut yang retak di wilayahnya, sehingga mengalami bocor dan menggenangi 200-an rumah warga, Rabu (3/1/2018).

Joko berharap, dengan kebocoran yang terjadi akibat adanya supermoon, jajaran pemerintah kota (Pemkot) Jakarta Utara untuk tetap waspada dan lakukan penanganan cepat agar tak ada lagi genangan rob.

"Saya sih curiga dengan kondisi tanggulnya di RW 004 di sini. Di sini kan dekat sekali dengan laut dengan rumah warga. Sekali tanggulnya di sini jebolnya parah bagaimana? Masih karung pasir lagi dipakai? Ini laut mas, bukan kali. Kali saja bisa bikin tenggelam sapai atap mungkin. Ya ini laut, bisa jadi ada lautan ini pemukiman penduduk. Jangan main-main dengan alam ini lah. Retak itu menurut saya sudah darurat, nah pemerintah ini jangan anggap sepele," ungkap Joko yang bekerja sebagai nelayan ikan Kamal Muara.

Sementara warga lainnya, Susilo (31), harapan agar pihak pemerintah bertindak cepat, dalam mengatasi keretakan tanggul laut, yang ada di kawasan Kamal Muara.

Dikatakannya, tanggul yang retak bisa menjadi peringatan sementara waktu.

"Buat saya, keretakan itu kecil bisa jadi besar. Jangan main-main sama alam. Sebab, bisa aja ini warning (peringatan) sementara. Pihak dari pemerintah ini jangan setiap tanggul bocor itu ditambal, selalu ditambal. Ini lautan. Bukannya kali atau sungai. Saya harap perbaikkannya itu (tanggul) jangan tanggung-tanggung," katanya.

Pantauan Warta Kota, sejumlah kawasan yang berada di Kelurahan Kamal Muara sebagian ini tengah dilanda genangan rob. Walau terpantau hanya genangan setinggi 20 sentimeter, warga nampak was-was.

Nampak beberapa anak-anak kecil bermain di genangan tob tersebut. Akses jalan dikawasan itu seluruhnya tertutupi genangan rob, berasal dari laut yang mengalir dari celah tanggul yang retak.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved