Langkah Antisipasi Kemacetan Kota Tua di Puncak Malam Tahun Baru

Rekayasa lalin pengalihan arus dilakukan untuk berjaga-jaga agar arus lalin tetap lancar.

Langkah Antisipasi Kemacetan Kota Tua di Puncak Malam Tahun Baru
Warta Kota/Theo Yonathan Simon Laturiuw
Penutupan itu meliputi ruas Jalan Kunir yang masuk dari Kawasan Alexis Hotel, Jalan Cengkeh yang masuk dari arah Sunda Kelapa. Suasana kegiatan pedagang di Jalan Cengkeh. 

WARTA KOTA, TAMAN SARI -- Firman Ibarahim yang sebagai Camat Tamansari mengklaim apabila di puncak malam pergantian tahun nanti, akan membludak warga, sehingga kemacetan pada arus lalu lintas (lalin) diyakini memadat timbul kamacetan. 

Dia mengatakan, pihaknya dengan pihak kepolisian akan lakukan rekayasa lalin di kawasan tersebut.

"Kami sudah rapat koordinasi tiga pilar dengan Satlantaswilayah membahas dalam sambutan perayaan tahun baru nanti, yang salah satunya mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas dan antisipasi kejahatan jalanan. Keramaian warga yakin tak bisa dihindari. Kami, akan melakukan pengaturan sentra ekonomi dengan Pedagang Kaki Lima (PKL). Mereka, akan ditata lagi, agar tak mengganggu para pejalan kaki," katanya, Kamis (28/12/2017).

Firman menerangkan di Kota Tua khususnya di Taman Fatahilla, acara hiburan bakal disajikan.

Pihaknya akan menampilkan konser musik, hal ini untuk memanjakan pengunjung di Kota Tua nanti.

"Jadi dalam peryaan nanti arus lalu lintas akan diberlakukan salah satunya di kawasan sekitar museum Taman Fatahillah, baik di Jalan Kunir, di Jalan Bank, Jalan Kalibaru Selatan, di Jalan Kemungkus, dan di Jalan lada. Arus lalin bakal ditutup secara kondisional apabila nantinya itu pengunjung membludak betul," katanya.

Sementara itu, AKBP Sudarmanto, yang bertugas sebagai Kasatlantas Wilayah Jakarta Barat, mengatakan, terkait hal rekayasa lalin pengalihan arus dilakukan untuk berjaga-jaga agar arus lalin tetap lancar. 

Selain itu, ia mengatakan pengalihan arus lalin ini pun hanya bersifat kondisional.

"Penutupan itu meliputi di ruas Jalan Kunir yang masuk dari Kawasan Alexis Hotel, Jalan Cengkeh yang masuk dari arah Sunda Kelapa. Lalu, Jalan kalibesar Barat yang akan dialihkan ke Jalan Kopi. Sementara itu, dari Jalan Pintu Besar Selatan-nya, bakal diteruskan menuju ke Jalan Mangga Dua Raya dan Flyover Road di Asemka. Termasuk soal Transjakarta itu yang melintas dikawasan itu pun akan ada larangan yang serupa terhadap bus -bus agar tak dapat melewati Kawasan Kota Tua," jelasnya.

Dia menambahkan, telah menyiapkan kantong- kantong parkir di titik sekitar Kota Tua. Seperti Gedung Mandiri, Wisma BNI, dan titik sebelah Kota Intan serta di parkiran kawasan Cengkeh.

Sementara itu, Kapolsek Metro Taman Sari, AKBP Erick Frendriz memaparkan, di dalam perayaan pergantian malam tahun baru di area Kota Tua nantinya akan lebih dari 1000 petugas bakalan melakukan pengamanan.

"Terdiri dari TNI yang sebanyak 150 orang dan sisanya petugas Polri gabungan polres, polsek, polda, serta brimob. Apel pasukannya itu, akan dilakukan beberapa jam sebelum pergantian di tahun baru. Soal antisipasi kejahatan bersama Danramil Taman Sari Mayor Rohani melakukan patroli rutin. Lalu, penebaran pasukan preman dilakukan hanya untuk memberikan rasa aman masyarakat. Serta, pengamanan ini, juga akan melibatkan banser, citra bhayangkari, dan juga mitra jaya," katanya. 

Penulis:
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved