Kapal Dihantam Ombak, 9 ABK Terapung-apung, Diselamatkan Nelayan

Sebanyak sembilan orang ditemukan mengapung di perairan Pulau Sebira, Kecamatan Kepulaun Seribu Utara, Kepulauan Seribu, Sabtu (16/12/2-017).

WARTA KOTA, KEPULAUAN SERIBU -- Polsek Kepulauan Seribu Utaramengemukakan sembilan orang anak buah kapal (ABK)  yang ditemukan mengapung di perairan Pulau Sebira di  Kepulauan Seribu, Sabtu (16/12/2017) lalu sudah dievakuasi ke penampungan sementara.

“Setelah berhasil dievakuasi, mereka kemudian dibawa ke Pulau Rengit untuk mencari perlindungan sementara,” kata Kanit Reskrim Polsek Kepulauan Seribu Utara Ipda M Dekky, Kamis (21/12).

M Dekky menjelaskan, sebelumnya sembilan orang ditemukan mengapung di perairan Pulau Sebira, Kelurahan Pulau Harapan, Kecamatan Kepulaun Seribu Utara, Kepulauan Seribu, Sabtu (16/12).

Belakangan diketahui bahwa mereka adalah ABK KM Surya Cemerlang 10 yang mengalami kecelakaan akibat dihantam ombak.

Penemuan bermula saat seorang nelayan yang menggunakan kapal untuk menangkap cumi, melintas di lokasi sekira pukul 10.00 WIB. Mengetahui adanya korban kapal tenggelam, nelayan tersebut mengambil inisiatif untuk melakukan pertolongan.

Setelah berhasil dievakuasi, mereka kemudian dibawa ke Pulau Rengit untuk dicarikan perlindungan sementara.

Setelah keadaannya memungkinkan, sembilan ABK tersebut dievakuasi pada Kamis (21/12). Pasalnya jarak Pulau Rengit menuju pulau terdekat sangat jauh karena waktu tempuhnya mencapai setidaknya dua jam.

“Baru berhasil dievakuasi sekarang karena memang jaraknya yang lumayan jauh. Mereka kemudian dibawa ke Pulau Kelapa. Saat ini kondisi mereka sudah membaik,” kata Dekky .

Dekky juga mengemukakan, KM Surya Cemerlang 10 berangkat dari Pelabuhan Muara Angke. Namun di tengah jalan kapal kayu itu terbalik akibat terjangan angin kencang disertai gelombang tinggi.

“Jadi kapal tersebut terbalik karena dihantam gelombang tinggi dan angin kencang,” tuturnya.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved