Puskesmas Akan Razia Anak yang Belum Imunisasi Difteri di Tambora

Puskesmas Kecamatan Tambora bersama kader posyandu Kelurahan Duri Selatan, menggelar imunisasi difteri massal, Rabu (13/12/2017).

Puskesmas Akan Razia Anak yang Belum Imunisasi Difteri di Tambora
Warta Kota/Nur Ichsan
Puskesmas Kecamatan Tambora bersama kader posyandu Kelurahan Duri Selatan, menggelar imunisasi difteri massal di wilayah itu, Rabu (13/12/2017). 

WARTA KOTA, TAMBORA - Puskesmas Kecamatan Tambora bersama kader posyandu Kelurahan Duri Selatan, menggelar imunisasi difteri massal di wilayah itu, Rabu (13/12/2017).

Mengantisipasi merebaknya penyebaran penyakit difteri, yang telah banyak meminta korban jiwa seperti yang terjadi di Surabaya dan Tangerang.

Tim medis dari Puskesmas Tambora, yaitu Khalifatul Hikmah dan Ristyana, bersama kader Posyandu Mawar 2, RW 02, Kelurahan Duri Selatan,Kecamatan Tambora, Jakarta Barat,  dengan sabar melayani warga yang datang membawa anak  mereka untuk mendapatkan suntikan imunisasi difteri, warga sangat antusias mengikuti kegiatan  yang positip tersebut, bahkan mereka mengaku senang mendapatkan pengobatan Cuma Cuma itu.

“Saya senang sekali bisa membantu warga di sini, mereka kelihatannya antusias datang kes ini memebawa anak mereka untuk disuntik imunisasi difteri”, Kata Kahlifatul Hikmah dan Ristyana.

Wati dan Yuli, dua warga setempat yang membawa anak mereka yang masih balita mengaku ngeri melihat penyebaran penyakit yang mematikan tersebut, makanya dia dan tetangganya menyambut baik pemberian imunisasi tersebut.

“Wah saya senang sekjali bisa membawa anak saya kes ini untuk mendapatkan suntikan imunisasi difteri ini, saya berharapanak saya bisa tumbuh sehat dan tahan terhadap serangan penyakit difteri”, kata Wati dan diiyakan oleh Yuli tetangganya.

Puskesmas Kecamatan Tambora bersama kader posyandu Kelurahan Duri Selatan, menggelar imunisasi difteri massal di wilayah itu, Rabu (13/12/2017).
Puskesmas Kecamatan Tambora bersama kader posyandu Kelurahan Duri Selatan, menggelar imunisasi difteri massal di wilayah itu, Rabu (13/12/2017). (Warta Kota/Nur Ichsan)

Membeludak

Staf Kesra Kelurahan Duri Selatan Supriyadi Ningrat, yang memantau pelaksanaan imunisasi massal di posyandu Mawar 2, mengatakan, antusiasme warga sangat besar, yang bisa dilihat dengan membeludaknya warga mendatangi Posyandu Mawar 2.

Supriyadi berharap warga di wilayah Kelurahan Duri Selatan, terbebas dari  serangan penyakit difteri.

"Saya bersyukur, warga di sini bisa menyambut baik kegiatan ini, terbukti dengan banyaknya warga yang datang ke sini”, ucap Supriyadi Ningrat.

Menurut Supriyadi, pihaknya bergerak cepat dalam upaya penanggulangan penyakit ini dengan melakukan pemberian imunisasi difteri secara masal dan jemput bola bagi mereka yang telah berusia antara 1 hingga 19 tahun, di sejumlah posyandu yang ada di wilayahnya.

Ditambahkan oleh Supriyadi, untuk mensukseskan program imunisasi ini, pihaknya akan melakukan sweeping atau razia dari pintu ke pintu untuk memberikan imunisasi difteri bagi mereka yang belum sempat  datang keposyandu dan belum mendapatkannya dan memastikan mereka semua telah diimunisasi.

, “Setelah melakukan pemberian imunsasi masal di posyandu, kami akan melakukan sweeping  door todoor,untuk memberikan pelayanan kepada warga yang belum mendapatkan imunisasi difteri ini”, ungkap Supriyadi Ningrat.

Menurut Supriyadi Ningrat, diantara ciri ciri orang yang terkena penyakit difteri seperti demam,sulit untuk menelan makanan atau minuman, tenggorokan sakit dan ada tanda putih di langiyt langit mulut.

Supriyadi meminta warga yang mempunyai ciri atau tanda penyakit seperti itu agar segera  memeriksakan diri ke dokter atau puskesmas terdekat, agar bisa segera ditangani dengan baik dengan menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan pola hidup sehat.

Penulis: Nur Ichsan
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved