Wabah Difteri

Kadinkes Depok: Tidak Semua Puskesmas di Depok, Beri Imunisasi Difteri

Dari 35 puskesmas di Depok, tidak semuanya memberi imunisasi difteri dalam program Outbreak Response Imunization yang digelar di sejumlah lokasi.

Kadinkes Depok: Tidak Semua Puskesmas di Depok, Beri Imunisasi Difteri
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Imunisasi Difteri di RW 14 Kelurahan Abadijaya, Sukmajaya, Depok pada Rabu (13/12/2017). 

WARTA KOTA, DEPOK - Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Lies Karmawati mengakui bahwa memang dari 35 puskesmas di Depok tidak semuanya memberi imunisasi difteri dalam program Outbreak Response Imunization (ORI) yang digelar di sejumlah lokasi di Depok sejak Senin (11/12/2017) lalu.
.
Sehingga kata dia sangat mungkin warga yang kurang informasi tidak tahu dan kecewa jika mendatangi puskesmas di wilayah mereka namun tidak ada pemberian imunisasi difteri dalam program ORI di sana.

"Betul, jadi tidak semua puskemas. Karena mereka sudah membuat jadual berdasarkan lokasi, sasaran, dan ketersediaan petugas," kata Lies kepada Warta Kota, Rabu (13/12/2017).

Ia menuturkan di puskesmas yang tidak memberi imunisasi difteri dalam program ORI, sebenarnya memberi layanan imunisasi tertentu tapi di hari tertentu saja.

"Kalau di puskesmas mereka memberikan pelayanan sesuai hari buka pelayanan imunisasi, di hari tertentu di luar program ORI," katanya.

Seperti diketahui sejumlah warga di beberapa wilayah di Depok mengaku cukup sulit mencari lokasi untuk mendapatkan imunisiasi difteri, program Outbreak Response Immunization (ORI) yang digelar di sejumlah lokasi di Depok sejak Senin (11/12/2017) lalu.

Nadia, warga kecamatan Cinere, Depok, mengaku bingung dengan lokasi imunisasi difteri untuk anaknya yang berusia 4 tahun.

"Sudah ke Puskesmas Cinere, gak ada imunisasi difteri di sana. Katanya di wilayah Limo. Tapi saya bingung dan gak tahu pasti lokasinya," katanya, Rabu (13/12/2017).

Ia juga menyesalkan tidak adanya sosialisasi langsung ke wilayahnya mengenai imuniasai difteri ini.

"Saya khawatir sama anak saya, makanya mau diimunisasi difteri. Tapi dimana, saya bingung," kata dia.

Bahkan di posyandu di wilayahnya, ia juga tidak mendapat informasi itu.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved