Penyakit Difteri Renggut Empat Nyawa di Kabupaten Tangerang

"Total sudah ada empat orang yang meninggal karena terjangkit difteri. Kemarin bertambah satu orang ...," ujar Desriana kepada Warta Kota ....

WARTA KOTA, TANGERANG -- Kejadian luar biasa (KLB) wabah penyakit difteri muncul di Kabupaten Tangerang. Jenis penyakit ini sudah merenggut sejumlah korban jiwa.

Hal tersebut dikemukakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, Desriana akhir pekan lalu. Menurutnya, puncak KLB difteri terjadi pada medio November hingga Desember 2017.

"Total sudah ada empat orang yang meninggal karena terjangkit difteri. Kemarin bertambah satu orang warga Kabupaten Tangerang," ujar Desriana kepada Warta Kota pada akhir pekan ini.

Korban yang nyawanya tak terselamatkan itu terjadi akibat difteri yang dideritanya sudah berada dalam fase akut. Desriana mengklaim sudah melakukan upaya penanganan semaksimal mungkin.

"Ada sebanyak 26 pasien warga kami yang terjangkit difteri," ucapnya.

Ke-26 pasien tersebut berasal dari tujuh kecamatan. Keadaan yang terparah berlangsung di Kecamatan Kosambi.

"Di Kosambi itu beberapa pasien meninggal. Banyak yang terkena difteri karena tidak mau imunisasi," kata Desriana.

Ia menyebutkan jajarannya akan menggelar rapat besar terkait persoalan ini. Hal itu dilakukan guna mempersiapkan ORI dalam menanggulangi difteri.

Pada 11 Desember, kata Desriana, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan melakukan imunisasi ulang yang melibatkan sejumlah tenaga puskesmas demi kesiapan lembaga yang dipimpinnya .

"Seluruh wilayah Kabupaten Tangerang akan dilakukan imunisasi, imuniasi ini diberikan kepada warga yang berusia 1 - 19 tahun. Targetnya 95 persen harus mau imuniasi, totalnya sekitar 1 juta warga," tuturnya.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved