Istilah 'Kwaussie' Terpilih sebagai Kata Terpopuler di Australia Tahun ini, Ada Apa?

Pusat Kamus Nasional Australia telah memilih kata atau istilah 'kwaussie' sebagai kata terpopuler di Australia tahun ini.

Istilah 'Kwaussie' Terpilih sebagai Kata Terpopuler di Australia Tahun ini, Ada Apa?
oup.com.au
Australian National Dictionary Centre 

WARTA KOTA, PALMERAH -- Pusat Kamus Nasional Australia telah memilih kata atau istilah kwaussie sebagai kata terpopuler di Australia tahun ini.

Makna kata tersebut mengacu pada seseorang yang berkewarganegaraan ganda, yakni warga negara Australia dan Selandia Baru; atau seorang warga negara Selandia Baru yang tinggal di Australia; atau orang keturunan Australia dan Selandia Baru.

Istilah tersebut menarik perhatian dan menjadi terkenal lagi selama krisis kewarganegaraan ganda yang memaksa enam senator, seorang wakil perdana menteri, seorang ketua senat, dan satu anggota parlemen untuk mundur dari parlemen, meskipun istilah tersebut memiliki sejarah yang lebih panjang.

Konstitusi Australia yang telah berusia 116 tahun melarang pemilik kewarganegaraan ganda memegang jabatan nasional. Konstitusi tersebut bertujuan untuk mencegah anggota parlemen membagi kesetiaan bernegara.

Wakil Perdana Menteri Australia, Barnaby Joyce, yang juga pemimpin Partai Nasional Australia
Wakil Perdana Menteri Australia, Barnaby Joyce, yang juga pemimpin Partai Nasional Australia (sbs.com.au)

Sebenarnya istilah tersebut hampir tidak pernah digunakan hingga Wakil Perdana Menteri Australia Barnaby Joyce ketahuan bahwa dirinya adalah seorang Selandia Baru dan oleh karenanya bersama sembilan senator tidak memenuhi syarat berada parlemen karena konstitusi Australia.

Krisis tersebut dapat bergejolak lebih luas lagi, dengan tenggat waktu bagi politisi untuk membuktikan status kewarganegaraan mereka yang ditetapkan pada Selasa.

Direktur Pusat Kamus Nasional Australia (ANDC), Amanda Laugesen, mengatakan bahwa kata kwaussie merupakan bentuk gabungan dua kata atau portmanteau dari kata Kiwi dan Aussie.

"Kata itu digunakan untuk menggambarkan Wakil Perdana Menteri Barnaby Joyce," kata Dr Laugesen, "dan kami menganggapnya sangat populer di media sosial."

Tapi kekacauan yang dipicu oleh status kewarganegaraan ini bukan merupakan peristiwa ketika kata ‘kwaussie’ digunakan untuk kali pertama.

Salah satu kutipan paling awal menyebut nama  aktor peraih Oscar, Russell Crowe, sebagai ‘kwaussie', yang menyebutnya "apa yang Anda dapatkan saat Anda menyeberangi Kiwi atau Selandia Baru yang tidak dapat memutuskan apakah mereka Kiwi atau Aussie".

Halaman
123
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved