Perbaikan Permanen Tanggul Jatipadang Ditunda karena Cuaca Buruk

Namun, saat hujan besar datang, perbaikan sementara itu menjadi sia-sia karena tidak bisa menahan kekuatan laju air.

Perbaikan Permanen Tanggul Jatipadang Ditunda karena Cuaca Buruk
Warta Kota/Banu Adikara
Hujan deras yang mengguyur Jakarta pun juga membuat kawasan Jatipadang, Pasarminggu kembali terendam banjir. Air menggenang di daerah RW 06, tepatnya di sekitar tanggul Kali Pulo yang jebol, beberapa pekan lalu. 

WARTA KOTA, PASAR MINGGU -- Kondisi hujan angin yang belakangan terus mendera Jakarta membuat perbaikan permanen tanggul Kali Pulo di kawasan RW 06 Jatipadang, Pasarminggu, Jakarta Selatan belum bisa dilakukan.

Seperti yang sudah diketahui, tanggul Kali Pulo di Jatipadang sudah sebulan belakangan menimbulkan banjir di daerah RW 06 lantaran jebol dan belum diperbaiki.

Pihak Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan hingga saat ini hanya bisa melakukan perbaikan sementara dengan menumpuk karung pasir serta menancapkan kayu cerucuk di bagian tanggul yang jebol.

Walau tidak maksimal, penanganan ini dibilang bisa mencegah luapan air Kali Pulo tumpah ke rumah warga.

Namun, saat hujan besar datang, perbaikan sementara itu menjadi sia-sia karena tidak bisa menahan kekuatan laju air.

Kepala Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Selatan, Holi Susanto menuturkan bahwa buruknya cuaca menjadi penghambat utama mereka dalam melakukan perbaikan permanen.

Perbaikan permanen dalam waktu dekat, kata Holi, juga belum bisa dilakukan karena intensitas hujan diperkirakan makin tinggi di bulan Desember.

"Kami akan tunggu cuaca membaik lebih dulu. Saat ini baru perbaikan sementara yang bisa kami lakukan," ujar Holi, Sabtu (2/12).

Holi merinci, pihaknya saat ini baru bisa merapatkan dan menambah jumlah karung pasir dan kayu cerucuk untuk memperkuat tanggul sementara yang sudah dibangun.

"Petugas juga terus siaga untuk melakukan perbaikan tanggul sementara. Ada 20 personel satgas yang bekerja di lapangan," kata Holi.

Penulis: z--
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved