Breaking News:

Tengah Disidik Soal Korupsi, Jenderal ini Pilih Bunuh Diri

Jenderal China yang tengah disidik karena tudingan dugaan korupsi ini memilih bunuh diri meskipun itu bukan tradisi China.

Editor:
antaranews.com
Jenderal Zhang Yang (REUTERS) 

WARTA KOTA,  -- Seorang jenderal China, yang tengah disidik polisi karena tudingan dugaan korupsi, melakukan bunuh diri.

Media setempat yang melaporkan kejadian itu pada Selasa (28/11/2017) mengemukakan, insiden tersebut merupakan perkembangan terbaru dari kampanye besar antikorupsi yang telah mengguncang angkatan bersenjata China.

Jenderal Zhang Yang, mantan anggota lembaga berpengaruh Komisi Pusat Militer (CMC), tengah diselidiki dalam hubungannya dengan dua koruptor di tubuh militer lain, Jenderal Guo Boxiong dan Jenderal Xu Caihou, demikian laporan kantor berita Xinhua.

Baca: Abraham Samad Minta KPK Lebih Garang Hadapi Kasus Korupsi e-KTP

Penyidikan terhadap Zhang (66) menunjukkan bahwa dia "telah melanggar disiplin", "diduga menerima dan memberi uang suap," kata Xinhua yang menambahkan bahwa banyak harta sang jenderal yang tidak jelas asalnya.

"Pada sore 23 November, Zhang menggantung lehernya sendiri di rumahnya," tulis kantor berita itu.

Bunuh diri di kalangan pejabat senior seperti Zhang adalah hal yang langka terjadi di China.

Baca: Anies dan Sandi akan Satu Ruangan Kerja Bersama 74 Anggota TGUPP

Namun beberapa pengamat mengatakan bahwa fenomena itu semakin sering terjadi di kalangan pejabat dari berbagai level sebagai akibat meningkatnya intensitas perburuan koruptor sejak Presiden Xi Jinping berkuasa lima tahun lalu.

Kementerian Pertahanan dan angkatan bersenjata mengatakan bahwa CMC memutuskan pada 28 Agustus lalu untuk menyidik Zhang, yang telah "kehilangan pegangan moral" dan membunuh dirinya sendiri untuk "menghindari hukuman dari partai dan negara."

Halaman
12
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved