Breaking News:

Antisipasi Jalan Amblas, Bantaran Kali Cakung Lama Diusulkan Dipasangi Sheet Pile

Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad akan mengusulkan ke Pemprov DKI Jakarta agar bantaran Kali Cakung Lama dipasangi sheet pile.

Penulis: Junianto Hamonangan | Editor: Andy Pribadi
Wahyu Tri Laksono
Alat berat siap mengeruk Kali Cakung Lama. 

Laporan Wartawan Wartakotalive.com, Junianto Hamonangan

WARTA KOTA, KOJA -- Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad akan mengusulkan ke Pemprov DKI Jakarta agar bantaran Kali Cakung Lama dipasangi sheet pile.

Hal ini untuk mengantisipasi peristiwa jalan amblas yang terjadi di Jalan Batu Tumbuh RT 09/RW 04, Tugu Selatan, Koja, Jakarta Utara, Selasa (28/11) kemarin kembali terulang..

Usulan tersebut terkait kondisi bantaran Kali Cakung Lama yang belum dipasangi sheet pile.

Hingga saat ini kondisi bantaran kali masih terlihat alami dimana warga sekitar menopang hanya bermodalkan bambu untuk mencegah jalan amblas yang berada di sisinya.

"Bantaran Kali Cakung Lama ini harus di-sheet pile agar turapnya tidak longsor dan jalan juga tidak amblas. Saya akan usulkan ke provinsi supaya segera direalisasikan," kata Murad, Rabu (29/11).

Murad mengatakan usulan tersebut dilakukan demi keamanan dan kenyamanan warga sekitar.

Pasalnya pada beberapa bagian kondisi turap sudah banyak yang terkikis.

Ditambah lagi kondisi jalan yang berada di sisi kali banyak yang retak sehingga rawan amblas.

"Idealnya kan di kiri kanan kali ada jalan inspeksi untuk mempermudah perawatan kali. Tapi sebelumnya harus dilihat dulu trasenya seperti apa," ujar Murad.

Salah seorang warga, Momon Sudirman (54) berharap usulan pemasangan sheet pile di bantaran Kali Cakung Lama bisa segera menjadi kenyataan.

Menurutnya, warga sekitar sudah sangat khawatir peristiwa serupa terjadi kembali apabila tidak segera dipasangi sheet pile.

"Warga sebenarnya sudah sering menambal jalan yang retak dengan beton cor secara swadaya. Namun tetap saja retak karena kontur tanahnya yang labil. Warga berharap agar bantaran kali segera dipasangi sheet pile," kata Momon. (*)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved