Pilkada Bangkalan, INES: Bupati Bangkalan Terpopuler

"Pada intinya masyarakat masih percaya dengan kepemimpinan Makmun. Bahkan nama dia juga masih sangat populer di masyarakat..."

Pilkada Bangkalan, INES: Bupati Bangkalan Terpopuler
Istimewa
ILUSTRASI Pilkada 

WARTA KOTA, PALMERAH --- Makmun Ibnu Fuad rupanya masih menempati urutan pertama jelang kontestasi Pilkada Bangkalan, Madura pada Pilkada serentak tahun 2018 mendatang. Pria yang kini menjabat sebagai Bupati Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur itu masih dipercaya memimpin dalam survei yang digelar Indonesia Network Election Survey (INES) beberapa waktu lalu.

Kesimpulan tersebut diungkapkan Direktur Eksekutif INES, Widodo Edi Sektianto mengacu beragam faktor, khususnya ekonomi masyarakat Bangkalan sejak lima tahun terakhir. Tercatat, sebanyak 58,8 persen responden menyatakan pendapatan mereka stabil, 2,6 persen responden menyatakan ekonomi mengalami peningkatan. Sedangkan, sebanyak 38,6 persen responden menyatakan pendapatan menurun.

Sementara itu, terkait kepuasan atas kinerja maupun pelayanan Pemerintah Kabupaten Bangkalan, sebanyak 76,9 persen responden mengaku puas, 17,5 persen kurang puas dan sebanyak 5,6 persen responden menyatakan sangat tidak puas.

"Pada intinya masyarakat masih percaya dengan kepemimpinan Makmun. Bahkan nama dia juga masih sangat populer di masyarakat, ini terlihat responden yang mengetahui nama Makmun Ibnu Fuad 87,8 persen," paparnya dalam siaran tertulis, Selasa (28/11/2017).

Populernya nama Makmun mengungguli sejumlah tokoh yang diperkirakan maju sebagai calon kandidat dalam kontestasi Pilkada Bangkalan pada tahun 2018 mendatang, antara lain KH Imam Bukhori, Mondir A Rofi’i, KH Hasani Zubair, Dr HM Farid Al Fauzi, Nasich As-Schal, H Fatkurrahman, Aliman Haris, RK Abdul Latif Amin dan Ra Bir Aly.

Sedangkan, terkait perolehan dukungan, Makmun Ibnu Fuad mendapat suara 79,6 persen, disusul Abdul Latif Amin Imron sebanyak 72,7 persen dan Hasani Zubair sebanyak 70,7 persen. Sedangkan calon kandidat lainnya hanya memperoleh suara sekitar 50 persen.

Kapabilitas

"Pada tingkat kapabilitas, Makmun Ibnu Fuad juga mendapat suara 81,7 persen,sedangkan sisanya sembilan tokoh lainnya. Dan ketika ditanya spontan, dengan pertanyaan, siapakah tokoh Mana yang akan saudara pilih jika pemilihan Bupati Bangkalan di adakan Hari ini? Maka jawaban responden adalah Makmun Ibnu Fuad meraih suara responden sekitar 39,1 persen disusul Ra Bir Aly 4,7 persen dan lainnya," paparnya.

Dengan begitu, lanjutnya, Makmun telah memiliki kantong suara dalam kisaran 40 persen masyarakat. Hal tersebut disebabkan Makmun yang notabene icumbent, mampu memposisikan dirinya dalam kehidupan bermasyarakat. Sehingga timbul kepercayaan masyarakat terhadapnya.

"Kendati demikian, bukan berarti Ibnu Fuad tidak ada saingan. Dalam hal ini ada dua kandidat yang memiliki elektabilitas cukup tinggi,yaitu Abd. Latif Amin dan Hasani Zubeir. Latif Amin bisa saja mengejar elektabilitas Ibnu Fuad, selama ia memiliki konsistensi kampanye seperti sekarang dan memilih atau dipinang oleh partai yang tepat," tutupnya.

Seperti diketahui sebelumnya, survei yang digelar INES mengunakan Metode Multisatge Random Sampling yang melibatkan sebanyak 1.425 responden dewasa yang berasal dari 18 Kecamatan di Kabupaten Bangkalan. Survey yang dilaksanakan mulai dari 3 November hingga14 November 2017 dilakukan dengan menggunakan kuesioner serta wawancara langsung dengan tingkat kepercayaan survei sebesar 95 persen dengan Margin of Error -/+2,6 persen. 

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved