Berburu Durian di Festival Durian Bogor

Musim durian telah tiba! Ini saat yang pas untuk berburu si raja buah, salah satunya dengan mendatangi Festival Durian di Bogor.

Berburu Durian di Festival Durian Bogor
KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIA
Berburu durian di Festival Durian Bogor di Mall Botani Square Bogor, 20 November - 3 Desember 2017, Minggu (25/11/2017). 

WARTA KOTA, PALMERAH-Memasuki musim durian, berbagai kota mulai menyelenggarakan festival durian. Tak kecuali Bogor.

Acara bertajuk Wisata Durian Bogor diselenggrakan di halaman parkir Botani Square, 20 November - 3 Desember 2017. Anda bisa mencicipi belasan jenis durian mulai dari Sidikalang, Jambi, Bengkulu, Rancamaya (Bogor), hingga durian asal Banyumas.

"Warga Bogor ini banyak yang suka sama durian. Makanya selain durian tuan rumah, coba kita sajikan (durian) dari beberapa daerah lain hingga Pulau Sumatera," ujar Tommy dari Republik Durian selaku penyelenggara acara pada KompasTravel, Sabtu (25/11/2017).

Tak hanya menyantap durian, pengunjung juga bisa mengikuti beberapa rangkaian acara. Ada happy hour di mana harga durian akan dilelang dengan harga termurah, misal Rp 35.000 saja per buah.

Happy hour ini bisa dinikmati pengunjung tiap tiga kali sehari pada jam-jam tertentu. Pihak penyelenggara menetapkan tiap pukul 13.00, 16.00, dan 19.00 WIB harga durian turun hingga 30 menit ke depan.

 Inilah saat para pengunjung menyerbu stan panitia untuk mendapatkan voucher lelang, setelah melakukan syarat dan ketentuannya. 

Selain itu ada juga rangkaian makan durian sepuasnya. Hanya dengan registrasi sebesar Rp 60.000, pengunjung bisa memakan durian sepuasnya. Baik secara individu maupun kelompok.

"Tiap minggu kita adakan makan durian sepuasnya. Syaratnya harus habis dulu, baru nambah lagi," terang Tommy.

Baca juga : Kencono Rukmi, Durian Asli Yogyakarta yang Rendah Kolesterol

Setiap minggunya terdapat 30 voucer untuk makan durian sepuasnya. Semuanya dibagi untuk siang, sore, dan malam hari.

Pada festival ini durian dijual per kilogram, mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 120.000 untuk satu kilonya. Untuk durian yang besar seperti Medan dan Bawor, bisa tiga hingga empat kilogram untuk satu buah. 

"Sistem pembelian kita pake voicer, jadi pengunjung tuker uang dengan voucer dulu di kasir sebelum membeli. Pecahannya ada voucer 100, 50, 20, 10, dan 5 (ribu)," terang Tommy.

Anda juga bisa mencicipi aneka panganan berbahan durian, mulai dari pancake, es krim, hingga cendol. Di sini juga tersedia bibit bergam jenis durian, baik lokal maupun impor.(Muhammad Irzal Adiakurnia)

Dikutip dari Kompas.com dengan judul festival-durian-bogor-saatnya-makan-durian-sepuasnya-

Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved