Sedapnya Kopi Mandailing Sajian Kahiyang-Bobby

Kopi mandailing adalah kopi jenis arabika yang ditanam di daerah Mandailing Natal, dekat perbatasan Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Sedapnya Kopi Mandailing Sajian Kahiyang-Bobby
Pink Panther
Kenikmatan kopi. 

WARTA KOTA, PALMERAH-Resepsi pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan, Sumatera Utara diselenggarakan Minggu (26/11/2017).

Nah, menurut pemilik Putri Catering Medan, Cut Mimi, merupakan vendor katering yang menyiapkan makanan untuk resepsi Kahiyang mengatakan akan menyediakan kopi mandailing.

Lantas seperti apa sejarah kopi mandailing yang akan disajikan saat resepsi Kahiyang-Bobby di Medan?

Kopi mandailing yang juga dikenal dengan kopi mandaheling adalah kopi jenis arabika yang ditanam di daerah Mandailing Natal, dekat perbatasan Sumatera Utara dan Sumatera Barat.

Namun, kopi mandailing ini tidak hanya dihasilkan dari daerah yang ditempati etnis Mandailing. Tetapi, kopi tersebut berasal dari beberapa daerah di pedalaman Sumatera, seperti Mandailing, Tapanuli, dan Pakpak.

Uniknya, sebelum Indonesia merdeka, kopi mandailing sudah berhasil merebut hati orang Eropa.

Cita Rasa Kuat

Begitu kuatnya branding kopi mandailing, Coffee Chief dari Anomali Coffee, Irfan Helmi, mengatakan banyak kopi dari daerah Sumatera yang ikut menamakan produk kopi menggunakan nama Mandailing.

"Pada dasarnya kopi-kopi di Sumatera itu adalah semi wash atau dikenal dengan giling basah. Jadi kalau di luar negeri dikuliti, difermentasi, dikeringkan secara penuh, lalu dikupas. Kalau kopi mandailing dikuliti, difermentasi, dikeringkan tidak secara penuh, dikupas, dan dikeringkan lagi. Cuma beda sedikit proses saja, mengubah rasanya," ujar Irfan.

Alhasil karena proses tersebut, Irfan menyebutkan kopi Mandailingmemiliki cita rasa dengan tingkat keasaman yang rendah dan kekentalan kopinya lebih tinggi.

Halaman
12
Editor: Max Agung Pribadi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved