Korupsi KTP Elektronik

Bahan Plastik Blangko KTP Elektronik Sama dengan Galon Air Mineral

Mikrajudin mengatakan, tim telah bekerja sesuai mekanisme dan standar internasional, untuk mengetahui bahan plastik dari blangko e-KTP.

Warta Kota
Ilustrasi 

WARTA KOTA, KEMAYORAN - Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh tim ahli dari Institut Teknologi Bandung (ITB), plastik yang digunakan untuk melapisi blangko KTP elekronik atau e-KTP, adalah PolyEthylene Terephthalate.

Profesor Mikrajuddin Abdullah mengungkapkan, nama bahan tersebut memang tidak populer di masyarakat. Namun, penggunannya umum, yakni digunakan untuk lapisan kemasan botol air mineral.

"Setelah memeriksa satu bulan setengah, kita simpulkan material ini kemungkinan besar adalah PolyEthylene Terephthalate. Itu material biasa, kalau kita sehari-hari itu untuk galon minum air atau untuk botol air kemasan," ungkap Mikrajuddin, saat menjadi saksi ahli perkara korupsi e-KTP untuk terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong, di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta, Senin (27/11/2017).

Baca: Afgan Mengaku Nyaman Bersama Rossa

Mikrajudin mengatakan, tim telah bekerja sesuai mekanisme dan standar internasional, untuk mengetahui bahan plastik dari blangko e-KTP. Menurutnya, blangko KTP elektronik tidak hanya dari plastik, namun mereka hanya diminta untuk menganalisis bahas platik yang digunakan.

"Setelah kita selidiki cukup lama, yang kita selidiki adalah alat-alat yang biasa kita pakai dalam riset standar di bidang kita, yang diakui secara internasional lah pasti. Kita bekerja dengan reputasi kita sebagai peneliti. Kita tidak ingin hasil penelitian itu merusak reputasi kita. Jadi kita melakukan riset kita," papar Mikrajuddin.

Misalnya, menggunakan thermography inframerah dan digital differential scanning. Andi Narogong menjadi terdakwa korupsi e-KTP yang merugikan keuangan negara Rp 2,3 triliun. (*)

Penulis:
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved