Breaking News:

68 Guru di Kepulauan Seribu Ikut Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013

Sebanyak 68 guru di Kepulauan Seribu mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK maupun sederajat mengikuti pelatihan implementasi kurikulum 2013

Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sebanyak 68 guru di Kepulauan Seribu mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK maupun sederajat mengikuti pelatihan implementasi kurikulum 2013 di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada 24-25 November 2017. 

WARTA KOTA, KEPULAUAN SERIBU -- Sebanyak 68 guru di Kepulauan Seribu mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK maupun sederajat mengikuti pelatihan implementasi kurikulum 2013 di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada 24-25 November 2017.

Kegiatan yang digelar Dewan Pendidikan Kepulauan Seribu itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru dalam rangka mensukseskan program pemerintah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Ketua Dewan Pendidikan Kepulauan Seribu, Slamet Huzaini mengatakan, pelatihan yang digelar selama dua hari tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang bekerjasama dengan China National Offshore Oil Corporation (CNOOC).

Sehingga diharapkan melalui pelatihan ini, kualitas sumber daya manusia (SDM) di Kepulauan Seribu meningkat.

"Kegiatan implementasi kurikulum 2013 bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan profesionalisme guru dalam rangka mensukseskan program pemerintah melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)," ucap Slamet, Sabtu (25/11).

Sebanyak 68 guru di Kepulauan Seribu mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK maupun sederajat mengikuti pelatihan implementasi kurikulum 2013 di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada 24-25 November 2017.
Sebanyak 68 guru di Kepulauan Seribu mulai dari tingkat SD, SMP, SMA/SMK maupun sederajat mengikuti pelatihan implementasi kurikulum 2013 di Gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Dinas Pendidikan DKI Jakarta pada 24-25 November 2017. (Warta Kota/Junianto Hamonangan)

Dalam kegiatan implementasi kurikulum 2013 tersebut, para guru di Kepulauan Seribu diberikan pelatihan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pembuatan silabus, program tahunan, pembuatan kartu soal, dan sistem evaluasi pembelajaran.

Bupati Kepulauan Seribu, Irmansyah mengatakan pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut. Sehingga diharapkan bisa memberikan motivasi lebih karena guru merupakan elemen paling penting dalam sebuah proses pendidikan.

"Kegiatan ini harus kita apresiasi karena untuk peningkatan kompetensi kepada guru-gurunya. Saya berkeinginan fokus kita bukan yang bersifat sarana dan prasana semata, tapi juga pada peningkatan guru-guru dan siswanya," ujarnya.

Menurut Irmansyah, guru-guru juga harus bisa memposisikan para siswa sebagaimana mereka juga mendidik anak mereka sendiri di rumah.

Pasalnya seorang guru selayaknya memberikan apa yang dimiliki dengan sepenuh hati dengan memperlakukan siswa seperti anak sendiri.

"Guru mempunyai posisi yang sangat strategis untuk bisa memberikan kontribusi yang sangat luar biasa bagi Kepulauan Seribu. Sehingga mereka bisa menghasilkan calon pemimpin-pemimpin berkualitas di masa yang akan datang," ungkapnya

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved