Klaim Depok 11 Puskesmasnya Buka 24 Jam Bohong Belaka

Di mana 11 puskesmas tingkat kecamatan sudah buka dan melayani masyarakat 24 jam, adalah bohong belaka.

Klaim Depok 11 Puskesmasnya Buka 24 Jam Bohong Belaka
Warta Kota/Nur Ichsan
Ilustrasi pelayanan di puskesmas. 

WARTA KOTA, DEPOK -- Ketua Dewan Kesehatan Rakyat (DKR) Kota Depok, Roy Pangharapan mengeluhkan layanan kesehatan yang dilakukan 35 puskesmas di Depok, baik puskesmas tingkat kelurahan maupun kecamatan yang kadang molor jam buka, hingga tak ramah pada pasien kurang mampu.

Bahkan, kata Roy, klaim Pemkot Depok dan Dinkes Depok yang menyatakan bahwa dari 35 puskesmas yang ada, di mana 11 puskesmas tingkat kecamatan sudah buka dan melayani masyarakat 24 jam adalah bohong belaka.

"Katanya Puskesmas 24 Jam. Apa bener layanannya 24 jam. Preettt. Layanan puskesmas di Depok ini layak dievaluasi," kata Roy kepada wartawan, Jumat (24/11/2017).

Menurut Roy dari hasil penelusuran pihaknya tidak ada dari 11 puskesmas tingkat kecamatan di Depok itu yang buka 24 jam, seperti klaim Dinkes Depok.

"Coba sini pejabat Pemkot Depok, jelaskan Puskesmas yang di klaim layanan 24 jam, tapi prakteknya kok gak 24 jam Ayooo wani ora son, jelasin. Apa alasannya" tantang Roy.

Menurut Roy sejak tujuh tahun lalu, pihaknya sudah mempersoalkan hal ini termasuk layanan kesehatan lainnya di Depok. "Baik puskesmas maupun RSUD Depok, semuanya Preeett. Perlu dievaluasi serius," katanya.

Sebelumnya Kepala Dinkes Depok Lies Karmawati menuturkan sejak beberapa tahun ini dari 35 puskesmas yang ada di Depok, 11 puskesmas sudah membuka layanan hingga 24 jam.

Ke sebelas puskesmas itu adalah puskesmas tingkat kecamatan.

"Di 11 Puskesmas Kecamatan di Depok sudah dibuka layanan UGD 24 jam," katanya.

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved