Breaking News:

Tradisi Silaturahmi Kerajaan Padang Lawas dan Majapahit

Padang Lawas dan beberapa kerajaan keturunan Majapahit menjadi tamu kehormatan menghadiri berdirinya Kerajaan Majapahit ke-724.

Penulis: Ign Agung Nugroho | Editor: Fred Mahatma TIS
Istimewa
Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Padang Lawas saling bersilaturahmi. 

WARTA KOTA, PALMERAH --- Menjaga hubungan sesama kerajaan di Nusantara sudah menjadi tradisi yang harus dilestarikan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk ajang silaturahmi dan saling menghargai demi menjaga persatuan.

Begitulah yang dilakukan Kerajaan Majapahit dan Kerajaan Padang Lawas ketika memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember lalu, kedua kerajaan ini saling bertemu.

Dalam kesempatan itu, Padang Lawas dan beberapa kerajaan keturunan Majapahit menjadi tamu kehormatan menghadiri berdirinya Kerajaan Majapahit ke-724.

Rangkaian acara itu digelar di Pendopo Agung di Desa Trowulan dan Candi Brahu di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur.

"Kebiasaan adat mereka di sana ada semacam Kirab, seremoni, dan lain-lain. Nah biasanya mereka ngundang keturunan-keturunan Kerajaan Majapahit yang dari Nusantara. Di sana datang saya dari Padang Lawas, ada yang dari Solok, Madura juga beberapa kerajaan dari Nusantara,” kata Patuan Daulat Sutan Palaon, Raja Huristak XII dari Padang Lawas, Tondi Hasibuan, BA, MA kepada Warta Kota, Selasa (21/11/2017).

Dikatakan Tondi Hasibuan, acara tersebut menjadi landasan ketika Padang Lawas ingin mengadakan hal serupa dengan mengundang Kerajaan Majapahit. Namun, bedanya, unsur budaya yang disajikan nanti bernuansa islami karena agama Islam di tempatnya sudah kuat.

"Kedepannya kita mau kalau ada acara adat di Huristak sendiri. Kta maunya berbau-bau Islam yah, kayak MTQ Padang Lawas, dan lain-lain. Kan kita biasanya ngadain di keraton, makanya kedepannya mau dimatangkan lagi,” terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Padang Lawas memberikan cinderamata kepada Kerajaan Majapahit yang sejak zaman dahulu masih saudara.

"Memang tiap tahun diadakan acara tersebut, Padang Lawas selalu diundang, tapi saya baru kali ini berkesempatan datang. Kami juga dari Padang Lawas kasih cinderamata buat ketua nya di sana," kata Tondi Hasibuan.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved