Breaking News:

Warga Dilatih Menghadapi Bencana dengan Kondisi Sesungguhnya

Sebanyak 50 peserta dari 11 desa tangguh bencana Kabupaten Bogor dilatih langsung oleh Basarnas dalam kegiatan Bimtek

istimewa
BPBD Kabupaten Bogor 

WARTA KOTA, CISARUA - Sebanyak 50 peserta dari 11 desa tangguh bencana Kabupaten Bogor dilatih langsung oleh Basarnas dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penyelamatan dan Evakuasi Darurat berbasis masyarakat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Pesona Anggraeni, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor dalam waktu tiga hari sampai penutupan pada Kamis (9/11/2017).

Para peserta ini mewakili masing-masing desanya dengam bermacam-macam profesi dengan mulai dari usia 23 - 49 tahun.

Kasi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Aksomo mengatakan bahwa para peserta ini merupakan yang mempunyai kemampuan dan berjiwa sosial tinggi menjadi relawan bencana.

"Pelatihannya tentang manajemen SAR, teori, praktek dan simulasi. Materinya bnayak seperti medical responder artinya penangan terhadap korban yang luka di lokasi bencana itu seperti apa, ini udah standar nasional karena kan dari Bazarnas," ujar Budi kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (9/11/2017).

Selain itu, lanjut Budi, evakuasi tidak sebatas bencana alam saja, pihaknya juga melatih dan melakukan simulasi pemadam kebakaran terhadap para peserta.

"Harapannya, ketika di desa mereka terjadi bencana pasti mereka lebih tahu lebih dulu kan sambil menunggu BPBD dan petugas lain, jadi mereka insyaallah bisa menangani terutama penyelamatan," ungkapnya.

Penulis: Naufal Fauzy

Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved