Warung Kopi Kalah Saingan dengan Mini Market yang Bisa Seduh Kopi dan Mi Instan

Setelah dikaji oleh pemerintah provinsi ternyata ditemukan pelanggaran ijin usaha yang tidak sesuai peruntukkannya.

Warta Kota/Bintang Pradewo
ILUSTRASI - Mini market di Jalan Kemandoran yang disegel mati petugas, Senin (30/5/2016). 

WARTA KOTA, TANGERANG -- Saat ini keberadaan mini market di daerah Jakarta sudah begitu banyak bahkan hingga ke jalan-jalan kecil.

Setelah dikaji oleh pemerintah provinsi ternyata ditemukan pelanggaran ijin usaha yang tidak sesuai peruntukkannya.

Banyak mini market seperti Indomaret, Alfamart dan Alfamidi yang mengantongi ijin usaha rumah makan bukannya ijin usaha toko swayalayan.

Inilah yang disangkakan menyebabkan bisa menjamurnya mini market bahkan letaknya pun bisa berdekatan dengan pasar.

Ternyata menjamurnya mini market membuat pedagang kecil dan toko kelontong menjadi resah karena penjualannya yang menurun.

Tidak hanya itu, warung kopi pun juga merasakan hal yang sama karena mini market saat ini banyak yang telah mengembangkan fungsinya tidak sebagai toko swalayab saja.

"Sepi sekarang. Sekarang di Indomaret, Alfamart gitu kan bisa bikin kopi juga mie juga. Mereka enak kan tempatnya pakai AC lah kita kan panas begini," ujar pedangang warung kopi di Bintaro, Jakarta Selatan, Fitri (9/11/2017).

Saat ini banyak beberapa mini market yang menyediakan tempat duduk untuk minum minuman yang dapat diseduh di tempat juga.

Tidak hanya itu bahkan saat ini juga ada mini market yang menjual makanan cepat saji seperti mie seduh dan makanan lainnya dan hal itulah yang dianggap pedagang kecil mengancan penjualan mereka.

"Ya harusnya diatur sama pemerintah, kalau jualan barang ya itu aja. Jangan jadi tempat makan minum iya, jualan juga iya. Orang sekarng kalau beli rokok pasti kesana, beli minum pasti kesana, beli mie pasti kesana. Lah kita terus ga laku-laku" tutur Fitri.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved