Keluarga Pensiunan PNS Depok ini Tinggal di Rumah yang Disebut Tetangganya Bak Kandang Kambing

Rumah Tohir --pensiunan PNS Pemkot Depok -- yang ditempati bersam isteri dan tiga anaknya ini dipandang waga sekitar mirip kandang kambing.

Keluarga Pensiunan PNS Depok ini Tinggal di Rumah yang Disebut Tetangganya Bak Kandang Kambing
warta kota/Budi Sam Law Malau
Tohir Sanjaya, pensiunan PNS Pemkot Depok, warga RT.04/03 Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Kota Depok, didatangi sejumlah anggota TNI yang dipimpin Babinsa Sukatani Koramil 06/Cimanggis, Depok, Serka Ramadhan, Jumat (3/11/2017) siang. Kedatangan anggota TNI itu bertujuan untuk memberikan bantuan kepada Tohir yang rumahnya dinilai warga sekitar seperti kandang kambing. 

WARTA KOTA, DEPOK-- Wajah Tohir Sanjaya, seketika terlihat tegang saat rumahnya yang terletak di lingkungan RT.04/03 Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Kota Depok, didatangi sejumlah anggota TNI yang dipimpin Babinsa Sukatani Koramil 06/Cimanggis, Depok, Serka Ramadhan, Jumat (3/11/2017) siang.

Namun ketegangan pria berusia 72 tahun itu berlarut hilang, saat Serka Ramadahan memperkenalkan diri dan menjelaskan maksud kedatangannya bersama sejumlah anggota TNI itu. Mereka ingin memberikan sedikit bantuan dan sumbangan bagi Tohir.

Setelah mendengarkan keterangan Serka Ramadhan, dengan gerak yang terlihat ringkih, Tohor mengajak para tamunya duduk di balai kayu yang rapuh di depan rumahnya.

"Kayaknya kalau ngobrol di dalam nggak muat dan nggak nyaman," katanya malu-malu.

Keadaan rumah Tohir memang terlihat memprihatinkan. Rumahnya tampak terbuat hanya dari bahan kayu lapuk, papan bekas dan bambu bekas. Rumah Tohir dipandang waga sekitar mirip kandang kambing.

Ukuran rumah pria pensiunan PNS ini pun cukup mini. Hanya sekitar 4x4 meter, dengan kamar mandi di bagian belakang berukuran 1x1,5 meter tanpa jamban.

Masuk ke bagian dalam, jangan berharap ada ruang tamu, kamar tidur dan dapur secara terpisah. Semua menyatu dalam satu ruangan.

Tampak sebuah kasur di atas papan tempat tidur, dirapatkan ke bagian dalam ruangan beralas tanah. Di sampingnya ada lemari kayu yang terlihat sangat tua.

Di seberang tempat tidur, sebuah meja usang berdiri dengan rice cooker bertengger di atasnya. Pada bagian tengah ruangan tergelar tikar usang.

Kondisi ruangan terasa sangat lembab. Tak ada jendela serta ventilasi yang memadai. Udara pengap dan bau menyeruak ketika orang memasuki rumah Tohir.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved