Bawa Benih Padi, Polisi Cokok Tiga Warga Tiongkok di Bandara Soekarno-Hatta

Modusnya, benih padi tersebut disimpan dalam enam kaleng dan dimasukkan ke koper.

Bawa Benih Padi, Polisi Cokok Tiga Warga Tiongkok di Bandara Soekarno-Hatta
WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA
Tiga warga Tiongkok dicokok di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Mereka diamankan lantaran kedapatan membawa benih padi yang tidak dilengkapi sertifikat bebas penyakit. 

WARTA KOTA, TANGERANG - Tiga warga Tiongkok dicokok di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Mereka diamankan lantaran kedapatan membawa benih padi yang tidak dilengkapi sertifikat bebas penyakit.

Ketiganya datang ke Indonesia dari Hainan, Tiongkok, menggunakan pesawat Malaysia Airlines MH-379. Setelah sebelumnya transit di Kuala Lumpur.

Benih padi sebanyak 16 kilogram rencananya dibawa ke Yogyakarta. Modusnya, benih padi tersebut disimpan dalam enam kaleng dan dimasukkan ke koper.

Baca: Jusuf Kalla Bakal Jadi Saksi Pernikahan Kahiyang-Bobby

Kepala Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Bandara Soetta Eliza Suryati Roesli menjelaskan, benih padi yang tidak dilengkapi sertifikat tersebut diduga berpotensi membawa penyakit baru yang disebabkan oleh organisme dari golongan cendawan, bakteri, atau virus. Para pelaku berupaya mencoba mengelebui petugas saat melewati mesin x-ray.

"Kami terpaksa menyita benih padi tersebut karena tidak sesuai prosedur. Selain tidak dilengkapi dokumen persyaratan masuknya benih dari luar negeri, benih ini juga diduga mengandung bakteri yang dapat membahayakan pertanian Indonesia," ujar Eliza di Bandara Soetta, Kamis (2/11/2017).

Ia menambahkan, jajarannya tengah melakukan penyelidikan terkait masuknya benih padi tersebut. Karantina Pertanian juga menggandeng kepolisian untuk mendalami kasus ini.

"Para pelaku diizinkan melanjutkan perjalanan, namun paspor milik mereka kami tahan. Apabila nanti ada unsur pidana, akan diproses lebih lanjut. Kami juga sudah berkoordinasi dengan kepolisian," katanya. (*)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved