Alexis Riwayatmu Kini

Surat Dinas PTSP yang Tolak Perpanjangan Izin Usaha Alexis Dinilai Tak Jelas, Ini Kejanggalannya

Surat pihak Dinas PTSP yang menjadi dasar tidak diperpanjangnya izin usaha Alexis, dianggap tidak tegas dan tak jelas alias sumir.

Warta Kota/Henry Lopulalan
Bangunan hotel dan griya pijat Alexis di Jakarta, Senin (30/10/2017). Pemprov DKI Jakarta menolak daftar ulang tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) yang diajukan Hotel Alexis dan Griya Pijat Alexis. 

WARTA KOTA, GAMBIR - Surat pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dinas PTSP) yang menjadi dasar tidak diperpanjangnya izin usaha Alexis, dianggap tidak tegas dan tak jelas alias sumir.

’’Menurut saya, tidak diperpanjang izin usaha Alexis tidak sesuai prosedur. Pembuktiannya belum ada,’’ tegas anggota Komisi C DPRD DKI Ruslan Amsari, Senin (30/10/2017).

Demikian analisisnya terkait surat PTSP yang menolak perpanjangan TDUP pengelola Alexis. Ada beberapa masalah terkait surat tersebut. Paling pertama adalah menyangkut jenis surat yang dikeluarkan PTSP.

Surat balasan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemprov DKI atas permohonan tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) yang diajukan pihak pengelola Hotel Alexis.
Surat balasan dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pemprov DKI atas permohonan tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) yang diajukan pihak pengelola Hotel Alexis. (WARTA KOTA/THEO YONATHAN SIMON LATURIUW)

Tak jelas apa sebenarnya jenis surat tersebut. Semestinya surat menyurat menyangkut tanda daftar usaha pariwisata (TDUP) mengikuti ketentuan di Pergub DKI Nomor 133 Tahun 2012 tentang Pendaftaran Usaha Pariwisata (Pergub 133/2017).

Bahkan, Dinas PTSP menuliskan Pergub 133/2017 sebagai dasar bersurat ke PT Grand Ancol Hotel (pengelola Alexis) dan menolak perpanjangan izin usahanya.

Tapi dalam Pergub 133/2017 tak dikenal jenis surat 'penjelasan terkait permohonan TDUP' seperti yang dibuat Dinas PTSP untuk PT Grand Ancol Hotel (pengelola Alexis).

Baca: BREAKING NEWS: Pemprov DKI Tak Perpanjang Izin Usaha Hotel Alexis

Selain itu dalam Pergub 133/2017, Kepala Dinas PTSP bukanlah pihak dalam Pergub tersebut. Dalam Pergub 133/2017, jelas ditulis di Bab I Ketentuan Umum Pasal 2 ayat 5 bahwa pengertian Kepala Dinas adalah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta.

Selain itu, surat berjenis 'penjelasan terkait permohonan TDUP' yang dikeluarkan PTSP itu memberi klausul di akhir, bahwa permohonan TDUP Hotel Alexis dan griya pijat Alexis belum dapat diproses.

Kalimat itulah yang kemudian diartikan sebagai bentuk penutupan Alexis oleh Pemprov DKI Jakarta. Padahal, di Pergub 133/2017 jelas ditulis ketentuan tersendiri terkait prosedur pembekuan sementara maupun pembatalan TDUP.

Halaman
12
Penulis: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved