Rekayasa Lalu Lintas Solusi Utama Atasi Kemacetan di Jalan Lodan Raya

Rekayasa lalu lintas merupakan satu-satunya jalan mengurai kemacetan di Jalan Lodan Raya.

Rekayasa Lalu Lintas Solusi Utama Atasi Kemacetan di Jalan Lodan Raya
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Pekerjaan galian box utilitas di Jalan Lodan Raya, Pademangan, Jakarta Utara yang dikeluhkan karena bikin macet dan banyak pengendara mengalami kecelakaan. 

WARTA KOTA, PADEMANGAN-Pekerjaan galian box utilitas atau box ducting di Jalan Lodan Raya, Pademangan, Jakarta Utara menyebabkan kemacetan parah hingga lebih dari 1 kilometer.

Padahal proyek pengerjaan itu baru akan selesai pada akhir bulan November 2017 mendatang.

Menyikapi kondisi tersebut, Wali Kota Jakarta Utara, Husein Murad memerintahkan agar dilakukan proses rekayasa lalu lintas di Jalan Lodan Raya. Hal ini penting untuk mengurai kemacetan parah yang terjadi akibat adanya lubang galian.

"Lalu lintas akan direkayasa menjadi satu arah sebagai solusi jangka pendek karena ada pekerjaan ducting yang mengakibatkan lalu lintas terganggu," kata Husein saat meninjau lokasi, Senin (30/10) malam.

Selain itu Husein juga meminta agar proses pengerjaan dilakukan tidak sekaligus sehingga lubang galian yang ada tidak terlalu banyak dan memakan badan jalan. Dengan begitu kondisi lalu lintas di jalan yang kebanyakan dilalui truk trailer tersebut tidak terlalu macet.

"Saya minta (pengerjaan) dipercepat tapi atasi macet harus segera, solusi jangka pendek dibuat satu arah. Selanjutnya saya minta pelaksana supaya lobang jangan terlalu banyak, dua lobang langsung dikerjakan sampai selesai, jangan terlalu panjang," katanya.

Hanya saja Husein belum bisa mengungkapkan secara teknis rekayasa lalu lintas seperti apa yang akan dilakukan. Pasalnya kendaraan yang melintas di Jalan Lodan Raya tidak melulu kendaraan roda dua maupun roda empat.

"Nanti kita bicarakan. Saya masih nunggu Dishub untuk teknis rekayasa lalu lintas satu arah karena mereka yang mengerti," ucapnya. 

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved