Incar Keponakan Kim Jong Un, Tim Pembunuh Korut Dibekuk Keamanan China

"Agen-agen Korea Utara masuk ke China untuk menyingkirkan Kim Han Sol. Namun, pekan lalu mereka ditangkap aparat China..."

Incar Keponakan Kim Jong Un, Tim Pembunuh Korut Dibekuk Keamanan China
Rex Features via Kompas.com
KIM Han Sol, keponakan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, bersama seorang kawan sekolahnya di Perancis. 

WARTA KOTA, BEIJING --- Aparat keamanan China dikabarkan menangkap dua tim pembunuh Korea Utara (Korut) di Beijing.

Tim ini diduga berencana untuk membunuh Kim Han Sol, putra Kim Jong Nam yang tewas diracun di bandara Malaysia pada Februari lalu.

Mengutip sejumlah sumber Korea Utara, harian terbitan Korea Selatan JoongAng Ilbo mengabarkan, tim itu terdiri atas tujuh orang agen.

Baca: Dari Sini Korut Tahu Kim Jong Un Akan Dibunuh

Mereka bertugas membunuh Kim Han Sol yang juga adalah keponakan pemimpin Korut Kim Jong Un. Sang keponakan ini dikenal amat kritis terhadap rezim Pyongyang.

"Agen-agen Korea Utara masuk ke China untuk menyingkirkan Kim Han Sol. Namun, pekan lalu mereka ditangkap aparat China dan saat ini sedang diperiksa," kata sumber itu kepada JoongAng Ilbo, Senin (30/10/2017).

Sejauh ini tak diperoleh informasi soal keberadaan sisa anggota tim itu yang terdiri atas unit aksi, unit pendukung, dan unit pencari lokasi Kim Han Sol.

Pemerintah China dikabarkan mencium rencana ini saat pengamanan di negeri itu diperketat ketika Kongres Nasional Partai Komunis digelar di Beijing yang berlangsung sepekan sejak 18 Oktober lalu.

Setelah kematian ayahnya di Malaysia, Kim Han Sol bersembunyi bersama ibu dan adik perempuannya. Mereka nampaknya dibantu sebuah organisasi rahasia bernama Pertahanan Sipil Cheollima.

Baca: Pasukan Khusus Bersiap Bunuh Kim Jong Un

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved