Konsultasi Masalah Perkotaan, Wali Kota Tangerang dan Para Kepala OPD Sambangi Pemkot Malang

Wali Kota Tangerang dan jajarannya menemui Wali Kota Malang dan jajarannya untuk belajar tentang masalah perkotaan.

Konsultasi Masalah Perkotaan, Wali Kota Tangerang dan Para Kepala OPD Sambangi Pemkot Malang
Warta Kota/Andika Panduwinata
Wali Kota Tangerang Arif R. Wismansyah dalam kunjungannya ke Pemkot Malang sejak Selasa (24/10/2017) tengah mendiskusikan masalah perkotaan yang dihadapi Pemkot Tangerang dengan Wali Kota Malang Mochamad Anton dan jajarannya. 

WARTA KOTA, TANGERANG - Adanya kesamaan kondisi demografi antara Kota Tangerang dan Kota Malang sebagai sesama kota metropolitan mendorong Wali Kota Tangerang Arif R. Wismansyah menemui Wali Kota Malang Mochamad Anton dan jajarannya untuk berdiskusi dan belajar tentang masalah perkotaan.

Arief yang didampingi Sekretaris Daerah Dadi Budaeri dan sejumlah kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang sejak Selasa (24/10/2017) berada di Malang mengemukakan, banyak program milik Pemkot Malang yang layak dicontoh dan diaplikasikan dalam menata kota Tangerang.

"Jadi waktu pertama datang ke Malang tertarik sama (program) Kampung Warna Warni dan Kampung 3D. Tapi inovasi penanganan banjir yang dimiliki Kampung 3G bikin penasaran karena bisa menjadi inspirasi untuk mengatasi masalah kota. Tidak hanya soal mengatasi banjir tapi juga masalah ketahanan pangan, UMKM, penurunan angka kriminalitas sampai pengangguran," kata Arief di Balai Kota Malang, Rabu, (25/10/2017).

Namun, kata Arief, pihaknya juga berbagi pengalaman terkait pengembangan smart city di Indonesia melalui berbagai aplikasi yang dimiliki Tangerang. Saat ini Malang tengah membangun ruangan pusat informasi yang diberi nama Ngalam Command Center.

"Silakan kalau teman-teman di Malang mau pakai aplikasi yang dimiliki kota Tangerang," ucapnya.

Sebelumnya pada Januari 2017 Pemkot Tangerang telah melakukan studi banding ke PDAM Kota Malang untuk melihat secara langsung sistem yang diterapkan.

Kemudian pertemuan dengan Wali Kota Malang Mochamad Anton hari itu merupakan tindak lanjut dari keseriusan Pemkot Tangerang untuk meningkatkan pelayanan pemenuhan air bersih melalui PDAM Tirta Benteng kepada masyarakat.

Satu di antaranya adalah mengadopsi sistem teknologi informasi manajemen yang diterapkan Pemkot Malang dalam pengelolaan air bersih.

Wali Kota Malang Mochamad Anton menyambut baik terjalinnya komunikasi antara Pemkot Malang dan Pemkot Tangerang. Mrnurut Anton, sinergi dan kolaborasi merupakan faktor penting dalam kerja-kerja pengembangan sebuah kota.

"Terima kasih untuk kunjungan dan sharingnya,semoga bisa berguna dan saling membantu untuk pengembangan kota," kata Mochamad Anton.

Penulis: Andika Panduwinata
Editor:
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved