Breaking News:

APJI Optimalisasikan Potensi Usaha Jasa Boga Melalui Digital Marketing

APJI menjadi wadah bagi pengusaha lokal untuk bertukar ilmu demi meningkatkan daya saing kuliner daerah.

Warta Kota/Nur Ichsan

WARTA KOTA, PALMERAH ----  Asosiasi Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-4 di Surabaya. Kegiatan tahunan yang berlangsung Tanggal 24-27 Oktober 2017 ini, mengangkat tema "Optimalisasi Potensi Usaha Jasa Boga Melalui Digital Marketing".

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf mengatakan jika APJI memiliki peran penting untuk memperkaya kuliner tradisional Indonesia. APJI menjadi wadah bagi pengusaha lokal untuk bertukar ilmu demi meningkatkan daya saing kuliner daerah.

20171025 Apji1
Rakernas APJI (Warta Kota/Nur Ichsan)

"Kalau sekarang kita masih banyak diserbu makanan dari Amerika, Cina atau Thailand, sekarang saatnya kita buka warung Tegal (warteg), warung rendang diluar negeri, di negara mereka," kata Gus Ipul, begitu sapaan Saifullah saat membuka Rakernas APJI, Surabaya, Rabu (25/10/2017).

Dia pun berpesan agar pengusaha kuliner daerah harus segera memenuhi standar dan mengikuti sertifikasi jasa boga demi meningkatkan kompetensi dan mutu serta memanfaatkan digital marketing dalam usaha mereka. 

Ketua Umum DPP APJI Rahayu Setyowati mengungkapkan, kemajuan dibidang teknologi informasi yang pesat ini, mendorong APJI untuk mencari terobosan yang dapat membantu meningkatkan penyebaran dan promosi bisnis kuliner anggotanya. Melalui rekernas, pengurus APJI akan mengoptimalkan potensi usaha jasa boga melalui digital marketing. 

20171025 Apji3
Rakernas APJI (Warta Kota/Nur Ichsan)

"Melihat perkembangan digital marketing yang sudah amat maju dan banyak menguntungkan masyarakat dalam berbagai bidang, sudah saatnya APJI pun memanfaatkan digital marketing agar jaringan makin luas dan tentu meningkatkan daya saing dan profit," kata Rahayu.

Asisten Deputi Bidang Pemengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata Lakot Ahmad Enda mengatakan Industri Jasa Boga merupakan salah satu dari 13 Usaha di Industri Pariwisata, yaitu bidang jasa makanan dan minuman.

20171025 Apji2
Rakernas APJI (Warta Kota/Nur Ichsan)

" Dalam rangka mendukung globalisasi Kuliner Indonesia sebagai alat pemasaran pariwisata Indonesia khususnya Wisata Budaya yang mempunyai porsi 60% dari portfolio Pariwisata dimana 45% nya adalah Wisata Kuliner; maka APJI adalah salah satu pelaku industri yang berperan penting.

Kuliner juga menyumbang 42.69% ke PDB Ekonomi Kreatif, termasuk didalamnya kontribusi APJI, " Ujarnya Lakot Ahmad

Acara Rakernas APJI Ke-4 kali ini diselenggarkan di Surabaya, mengingat jumlah DPC APJI Jawa Timur cukup besar yakni mencapai 15 DPC yang tersebar di 33 Kabupaten. Rakernas diisi dengan pameran, seminar oleh praktisi digital marketing, sidang-sidang komisi, lomba masak dan memasarkan produk melalui teknik fotografi dengan menggunakan smartphone.

Penulis:
Editor: M Nur Ichsan Arief
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved